B.
Identifikasi
Masalah Penelitian
Berdasarkan uraian pada
latar belakang penelitian, diketahui bahwa penggunaan penilaian diri dalam
pembelajaran bahasa Inggris masih jarang digunakan oleh sebagian guru. Hal ini
didasari karena penilaian diri yang bersifat sebagai alat penilaian non tes
kurang objektif jika digunakan sebagai alat penilaian. Paradigma para guru yang
masih terpusat pada orientasi hasil belajar tanpa mempertimbangkan proses yang
dialami siswa pun yang menjadikan sedikitnya penggunaan teknik penilaian diri
dalam pembelajaran.
Berdasarkan
identifikasi masalah tersebut, diperlukan referensi baru bagi para guru
mengenai bagaimana kedudukan dan teknik penilaian diri yang dilaksanakan dalam
pembelajaran bahasa Inggris. Ada tiga jenis penilaian diri (Poerwanti, 2008;
Jihad A dan Abdul H, 2013) yaitu :
1.
Penilaian langsung dan spesifik dimana
guru melaksanakan penilaian diri secara langsung setelah pembelajaran selesai.
2.
Penilaian tidak langsung atau holistik
yang dilakukan dalam kurun waktu yang panjang, misalnya satu semester.
3.
Penilaian sosio afektif atau emosional,
dimana penilaian diri bertujuan untuk mengetahui kondisi sosio afektif dan
emosional siswa.
Karena keterbatasan
waktu, penelitian ini dibatasi pada penggunaan teknik penilaian diri dalam
pembelajaran bahasa Inggris pada jenis penilaian langsung dan spesifik.
0 Comment to " Contoh Identifikasi Masalah Penelitian Skripsi Teknik Penilaian Diri Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar"
Posting Komentar