B.
Penilaian
Diri
Penilaian diri
merupakan teknik penilaian yang melibatkan siswa dalam pelaksanaannya. Siswa
diminta untuk menilai kemampuan dirinya berkenaan dengan tingkat pencapaian
kompetensi yang telah dipelajari dalam suatu mata pelajaran (Poerwanti, 2008;
Jihad A dan Abdul H,2013). O’Malley JM dan LV Pierce (2006, hal. 237)
menyebutkan bahwa penilaian diri “is appraisal
by a student of his or her own work or learning processes.” Dari pernyataan
tersebut dapat difahami bahwa penilaian diri merupakan penilaian yang dilakukan
oleh siswa terhadap pekerjaannya atau terhadap proses pembelajaran yang
dilaksanakan. Bagaimana kedudukan
penilaian diri dalam pembelajaran? Penilaian diri merupakan unsur kunci dalam
penilaian autentik. Dalam hal ini siswa belajar mengatur diri sendiri.
Penilaian diri menjadikan siswa terlibat secara langsung dalam belajar serta
mengintegrasikan kemampuan kognitif dengan motivasi dan sikap siswa terhadap
pembelajaran. “Dengan melaksanakan penilaian diri, siswa dapat membuat pilihan
dalam merencanakan bagaimana mengoptimalkan sumber daya mereka.” (O’Malley JM
dan LV Pierce ,2006, hal. 41).
Menurut Cameron (2003),
melalui penilaian diri dalam pembelajaran siswa dapat :
a.
Siswa akan mengerti mengenai proses
pembelajaran, yaitu dengan melibatkan siswa secara langsung dalam menilai diri
terhadap sejauh mana kompetensi yang telah dicapai.
b.
Siswa akan termotivasi untuk lebih
terlibat dalam pembelajaran. Siswa
menjadi percaya diri, karena mereka diberi kepercayaan untuk menilai kompetensi
diri yang telah dicapai.
c.
Guru akan lebih mengerti tentang murid
secara individual. Hasil penilaian diri dapat dijadikan bahan bagi guru untuk
lebih mengenal karakteristik setiap siswa di kelas.
d.
Siswa akan lebih mempersiapkan untuk
menerima pembelajaran, karena acuan dari penilaian diri adalah siswa mampu
menilai sejauh mana kompetensi yang dicapai dalam pembelajaran.
e.
Hubungan yang seimbang tercipta antara
guru dan siswa.
Selain beberapa manfaat
penilaian diri yang telah disebutkan, penggunaan teknik penilaian diri dapat
memberi dampak positif terhadap perkembangan kepribadian siswa (Poerwanti,
2008; Jihad A dan Abdul H, 201 ), yaitu sebagai berikut :
a.
Dapat menumbuhkan rasa percaya diri
siswa. Dalam hal ini, rasa percaya diri tumbuh karena siswa mendapat
kepercayaan untuk menilai kompetensi diri yang telah dicapai berdasarkan
kriteria atau aspek yang telah ditentukan.
b.
Siswa menyadari kekuatan dan kelemahan dirinya.
Ketika siswa melakukan penilaian siswa melakukan introspeksi terhadap kekuatan
dan kelemahan yang dimiliki.
c.
Dapat mendorong, membiasakan dan melatih
siswa untuk berbuat jujur. Karena penilaian diri memfasilitasi siswa untuk
bersikap jujur dan objektif.
Dilihat dari segi
manfaat penilaian diri, maka penilaian diri dikategorikan penting. Siswa
membutuhkan dukungan untuk mengerti mengenai pentingnya penilaian diri, menjadi
penilai yang mandiri terhadap kekuatan dan kekurangan yang dimiliki, dan mengatur
tujuan untuk pembelajaran yang akan datang O’Malley dan LV Pierce (2006). Lebih
lanjut O’Malley dan LV Pierce (2006, hal. 52) menyatakan bahwa “guru dapat
mengetahui bahwa ketika murid aktif terlibat dalam pelaksanaan penilain diri, mereka
menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pembelajaran.”
Terdapat tiga jenis
penilaian diri (Poerwanti, 2008; Jihad A dan Abdul H, 2013), yaitu sebagai
berikut :
a.
Penilaian langsung dan spesifik
Jenis
penilaian diri ini dilaksanakan secara langsung pada akhir pembelajaran atau
setelah siswa selesai melaksanakan tugas tertentu. Ini bertujuan untuk menilai
aspek-aspek dalam kompetensi tertentu dari suatu mata pelajaran.
b.
Penilaian tidak langsung atau holistik
Jenis
penilaian diri ini dilakukan dalam kurun waktu yang panjang, misalnya dalam
kurun waktu satu semester pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk memberikan
penilaian secara keseluruhan.
c.
Penilaian sosio afektif atau emosional
Jenis
penilaian diri ini dilakukan untuk mengetahui kondisi sosio afektif dan
emosional siswa. Misalnya guru dapat meminta siswa untuk membuat tulisan
berisikan pengalaman siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Dalam melaksanakan
penilaian diri di kelas, guru dapat menggunakan lembar penilaian diri. Lembar
penilaian diri anak merupakan suatu instrumen penilaian yang bertujuan untuk
mengidentifikasi perkembangan perilaku anak sebagai suatu proses refleksi
berdasarkan apa yang dirasakan dan dialami ketika pembelajaran (Kesurna dkk,
2012). Akan tetapi, guru sebaiknya tidak membuat lembar penilaian diri sebagai
kategori yang terpisah, karena harus melibatkan semua jenis penilaian yang
teridentifikasi, pernyataan ini berkaitan dengan jenis penilaian diri tidak
langsung atau holistik (O’Malley dan LV Pierce, 2006).
Adapun yang merupakan
tujuan utama dari pelaksanaan penilaian diri adalah untuk mendukung dan
memperbaiki proses dan hasil belajar dan tidak dijadikan alat penilaian utama
dalam menentukan hasil belajar siswa. Hal ini berdasar pada kecenderungan
subjektifitas siswa dalam menilai dirinya sendiri (Poerwanti, 2008). Oleh
karena kecenderungan siswa akan menilai diri terlalu tinggi dan subjektif,
penilaian diri harus dilakukan berdasarkan kriteria yang jelas dan objektif
(Poerwanti, 2008; Jihad A dan Abdul H, 2013). Adapun dalam pelaksanaan
penilaian diri oleh siswa di kelas dapat dilakukan melalui langkah-langkah
sebagai berikut :
a.
Menjelaskan kepada siswa tujuan penilaian
diri
Pada
tahap ini, guru memberikan pengarahan kepada siswa mengenai apa penilaian diri
serta mengapa penilaian diri dilaksanakan. Sehingga siswa lebih memahami
mengenai apa yang dimaksud dengan penilaian diri.
b.
Menentukan kompetensi atau aspek
kemampuan yang akan dinilai
Guru
menentukan kompetensi yang akan dinilai. Jika yang dilaksanakan adalah
penilaian langsung, maka guru menentukan kompetensi dari pembelajaran yang
telah dilaksanakan.
c.
Menentukan kriteria penilaian yang akan
digunakan
Guru
menentukan kriteria yang akan digunakan, hal ini berkaitan dengan format yang
akan digunakan.
d.
Merumuskan format penilaian, dapat berupa
pendoman penskoran, daftar tanda cek, atau skala penilaian (rating scale).
e.
Meminta siswa untuk melakukan penilaian
diri sesuai format yang diberikan guru. Guru memberikan pengertian kepada siswa
untuk bersikap jujur apa adanya sesuai kriteria yang ditentukan pada format
penilaian.
f.
Guru mengkaji hasil penilaian untuk
mendorong siswa supaya senantiasa melakukan penilaian diri secara cermat dan
objektif.
g.
Guru memberikan tindak lanjut berupa
umpan balik (feed back) dari hasil
penilaian.
Meskipun demikian,
apabila guru baru melakukan penilaian diri pada siswa, guru harus memulainya
secara bertahap, sedikit demi sedikit. Ini dimulai dengan satu penilaian pada
suatu waktu dan secara bertahap merancang suatu
pendekatan penilaian diri dan teknik yang cocok digunakan sesuai
karakteristik siswa dan pembelajaran yang dilaksanakan.
Terdapat hal penting
yang menjadi dasar dalam pelaksanaan penilaian diri. Bahwasanya “penilaian diri
bukanlah formulir atau daftar nama” (O’Malley JP dan Valdez P, 2006, hal. 54).
Hal ini mengandung makna bahwa penilaian diri dapat dilaksanakan tanpa
menggunakan suatu format penilaian. Penggunaan format peniliaian diri bertujuan
supaya pelaksanaan penilaian diri objektif dan tidak berdasar pada
subjektifitas siswa.
Dengan melaksanakan penilaian
diri guru telah memberikan pemahaman kepada siswa bahwa penilaian diri merupakan
suatu strategi yang dapat mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin
diri (Poerwanti, 2008). Seperti diberi kesempatan untuk menilai kompetensi diri
sehingga guru bisa memberikan feed back
terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan (O’Malley dan LV Pierce,
1996). Dengan melibatkan siswa kedalam kegiatan penilaian diri, siswa belajar
untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan yang dimilki terhadap pekerjaan
yang telah dilaksanakan. Guru dapat menjadikan kelemahan yang dimilki siswa
sebagai bahan introspeksi untuk perbaikan proses pembelajaran. (Poerwanti,
2008; Wortham, 2006; O’Malley dan LV Pierce, 1996).
0 Comment to "Penilaian Diri Dalam Teknik Penilaian Diri Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar"
Posting Komentar