Contoh Identifikasi Masalah Penelitian Skripsi Teknik Penilaian Diri Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar



B.      Identifikasi Masalah Penelitian
Berdasarkan uraian pada latar belakang penelitian, diketahui bahwa penggunaan penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris masih jarang digunakan oleh sebagian guru. Hal ini didasari karena penilaian diri yang bersifat sebagai alat penilaian non tes kurang objektif jika digunakan sebagai alat penilaian. Paradigma para guru yang masih terpusat pada orientasi hasil belajar tanpa mempertimbangkan proses yang dialami siswa pun yang menjadikan sedikitnya penggunaan teknik penilaian diri dalam pembelajaran.
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, diperlukan referensi baru bagi para guru mengenai bagaimana kedudukan dan teknik penilaian diri yang dilaksanakan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Ada tiga jenis penilaian diri (Poerwanti, 2008; Jihad A dan Abdul H, 2013) yaitu :
1.        Penilaian langsung dan spesifik dimana guru melaksanakan penilaian diri secara langsung setelah pembelajaran selesai.
2.        Penilaian tidak langsung atau holistik yang dilakukan dalam kurun waktu yang panjang, misalnya satu semester.
3.        Penilaian sosio afektif atau emosional, dimana penilaian diri bertujuan untuk mengetahui kondisi sosio afektif dan emosional siswa.
Karena keterbatasan waktu, penelitian ini dibatasi pada penggunaan teknik penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris pada jenis penilaian langsung dan spesifik.

Share this

0 Comment to " Contoh Identifikasi Masalah Penelitian Skripsi Teknik Penilaian Diri Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar"

Posting Komentar