G.
Analisis
Data
Pada hakikatnya,
analisis data merupakan suatu proses mengolah data yang telah diperoleh dari
hasil observasi, wawancara maupun dokumentasi pada pembelajaran bahasa Inggris
di kelas IIIA SD Al Muttaqin. Analisis data pada kualitatif bersifat induktif,
dimana pada dasarnya analisis data kualitatif bertujuan memahami suatu situasi
menjadi bagian, hubungan antar bagian dengan keseluruhan. Sejalan dengan
pernyataan tersebut, Sukmadinata (2012. Hlm 284) mengemukakan bahwa,
Data dalam
peneelitian kualitatif bukan berupa angka, angka tetapi deskripsi naratif,
kalaupun ada angka, angka tersebut dalam hubungan suatu deskripsi. Dalam
pengolahan data kualitatif tidak ada penjumlahan data, sehingga mengarah pada
generalisasi.
Dalam penelitian
kualitatif, Sugiyono (2010. Hlm 336) mengemukakan bahwa, “analisis data
lapangan dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan
setelah di lapangan.” Lebih lanjut Sugiyono menjelaskan bahwa “...dalam
penelitian kualitatif analisis data lebih difokuskan selama proses di lapangan
bersamaan dengan pengumpulan data (Sugiyono, 2010. Hlm 336).” Pada tahap
analisis data, peneliti mengacu pada tiga alur analisis data menurut Miles dan
Huberman.
Tahapan-tahapan
berdasarkan gambar tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
a.
Data
reduction
Perolehan data dari
lapangan, jumlahnya akan banyak. Maka dari itu, pencatatan secara rinci dan
teliti sangat diperlukan. Semakin dalam peneliti memasuki lapangan, data yang
diperoleh semakin banyak, kompleks dan rumit. Oleh karena itu, peneliti perlu
mereduksi data yang diperoleh.
Mereduksi pada
hakikatnya adalah merangkum, memilih hal pokok, memfokuskan pada hal penting
serta memilih alur dan tema kemudian membuang yang tidak perlu. Sejalan dengan
pernyataan tersebut, Creswell (2010. Hlm 298) menyatakan bahwa “selama analisis
ini, data disusun secara kategoris dan kronologis, diperiksa kembali berulang
ulang.”
Pada akhirnya, setelah
dilakukan reduksi data dapat ditemukan gambaran dan pola yang jelas sehingga
mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya.
b.
Data
Display
Pada tahap data display/penyajian data, peneliti
menyajikan data yang sebelumnya telah melalui proses reduksi terlebih dahulu. pada
Tahap penyajian data pada penelitian kualitatif dapat disajikan melalui uraian
singkat, bagan, hubungan antar kategori, flowchart
dan sejenisnya.Pada tahap penyajian data, data disajikan dalam bentuk
narasi/laporan kualitatif.
c.
Conclusion
drawing
Langkah ketiga dari
teknik analisis data menurut Miles dan Huberman adalah menarik kesimpulan atau
memverifikasi data. Kesimpulan dalam penelitian kualitatif mungkin bisa
menjawab rumusan masalah di awal, mungkin juga tidak. Kesimpulan diharapkan
dapat memberikan gambaran jelas dari rumusan masalah sebelumnya (Sugiyono,
2010).
Adapun tahap analisis
data yang ditempuh oleh peneliti berdasarkan alur analisis data menurut Miles
dan Huberman adalah sebagai berikut :
1.
Mentranskrip data observasi berupa video sesuai
dengan pedoman observasi.
2.
Mentranskrip data hasil wawancara bersama
narasumber, sehingga dapat diketahui poin-poin penting berkaitan dengan
penelitian.
3.
Memilih data dokumentasi yang ada
kaitannya dengan penelitian yang dilaksanakan.
4.
Menyajikan data observasi, wawancara
serta dokumentasi dalam bentuk deskripsi naratif.
5.
Menarik kesimpulan dari keseluruhan data
yang ditemukan di lokasi penelitian.
0 Comment to " Analisis Data Pada Teknik Penilaian Diri Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar"
Posting Komentar