F.
Teknik
Pengumpulan Data
Penelitian bertujuan
untuk memperoleh data dari objek yang diteliti. Oleh karena itu, teknik
pengumpulan data memegang peranan penting dalam pelaksanaan penelitian untuk
mendapatkan data guna mencapai tujuan penelitian yang diharapkan.
Pengumpulan data
diperoleh dari beragam sumber data, cara maupun setting. Dilihat dari sumber
data, peneliti mengumpulkan data dari beragam sumber yaitu observasi, wawancara
dan dokumentasi. Berdasarkan setting,
pengumpulan data penelitian kualitatif dilakukan pada setting alamiah natural, Creswell (2010. Hlm 261) menyatakan bahwa
“dalam setting yang alamiah, para
peneliti kualitatif melakukan interaksi face
to face sepanjang penelitian.”
Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian
ini, dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.
Observasi
Menurut Creswell (2010,
hlm. 267) mengemukakan bahwa “observasi pada penelitian kualitatif merupakan
observasi yang di dalamnya peneliti langsung turun ke lapangan untuk mengamati
perilaku dan aktivitas-aktivitas individu di lokasi penelitian.” Adapun tujuan
dari observasi ini adalah mengamati aktivitas yang terjadi, sehingga didapatkan
data berdasarkan fakta. Sebagaimana dikemukakan oleh Marshall (dalam Sugiyono, 2010,
hlm. 310) bahwa “trhough observation, the
researcher learn about behavior and the meaning attached to those behavior.”
Pada pelaksanaan observasi ini, peneliti turun langsung ke lapangan untuk
mengamati perilaku dan aktifitas individu di lokasi penelitian yaitu kelas IIIA
SD Al Muttaqin. Pada prosesnya, peneliti merekam kegiatan pembelajaran bahasa
Inggris di kelas IIIA SD Al Muttaqin. Adapun jadwal observasi dapat dilihat
pada tabel berikut :
No
|
Hari/Tanggal
|
Jam ke
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
Jum’at/ 2 Mei 2014
|
3-4
(08.50-10.00)
|
60 menit
|
Ulangan harian dan pembelajaran Reading
|
2
|
Senin / 12 Mei 2014
|
1
(08.00-08.30)
|
30 menit
|
Listening
|
3
|
Rabu/14 Mei 2014
|
3-4
(08.50-10.00)
|
60 menit
|
Speaking
|
Tabel 3.1
Jadwal Observasi
2.
Wawancara
Kegiatan wawancara
dilaksanakan untuk memperoleh informasi guna melengkapi data observasi. Sejalan
dengan pernyataan tersebut, Susan Stainback dalam Sugiyono (2010. Hlm 318)
menyatakan bahwa,
Dengan wawancara
peneliti akan mengetahui hal-hal yang lebih mendalam tentang partisipan dalam
menginterpretasikan situasi atau fenomena yang terjadi, dimana hal ini tidak
bisa ditemukan melalui observasi.
Pelaksanaan wawancara kepada guru bidang studi
bahasa Inggris kelas IIIA dilaksanakan sepanjang penelitian berlangsung, yaitu
pada tanggal 21 april – 21 Mei. Dalam melakukan wawancara dengan guru bidang
studi bahasa Inggris kelas IIIA, peneliti menggunakan teknik wawancara
semiterstruktur (semistructure interview).
Dalam teknik wawancara
semiterstruktur (semistructure interview),
peneliti melakukan interaksi face to face secara lebih mendalam dan
terbuka, sebagaimana pernyataan Sugiyono (2010. Hlm 320) bahwa
Jenis
wawancara ini sudah termasuk kategori in-depth interview, dimana dalam
pelaksanaannya lebih bebas dibandingkan dengan wawancara terstruktur. Tujuan
dari wawancara jenis ini adalah untuk menemukan permasalahan secara lebih
terbuka, dimana pihak yang diajak wawancara diminta pendapat, dan ide-idenya.
Dalam melakukan
wawancara, peneliti perlu mendengarkan atau merekam serta mencatat hal-hal yang
dikemukakan oleh narasumber. Tidak hanya itu, hal penting yang perlu diperhatikan
adalah peneliti harus menciptakan hubungan yang baik (rapport) serta kepercayaan dengan narasumber. Sejalan dengan
pernyataan tersebut, Susan Stainback dalam Sugiyono (2010. Hlm 326) menyatakan
bahwa “rapport is a relationship of
mutual trust and emotional affinity between two or more people. Establishing
rapport is an important task for the qualitative research.”
Peneliti pun melakukan
wawancara dengan tujuh siswa kelas IIIA setelah proses observasi berlangsung.
Penetapan jumlah siswa didasarkan pada kesediaan para siswa untuk dimintai
informasi berkaitan dengan penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris.
3.
Dokumentasi
Selama penelitian,
peneliti juga mengumpulkan dokumen-dokumen berupa Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), instrumen penilaian dan foto kegiatan pembelajaran.
No
|
Jenis Data
|
Teknik Pengumpulan Data
|
Instrumen
|
Sumber Data
|
1.
|
Penilaian
diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Al Muttaqin
|
Observasi
|
Lembar
Observasi
|
Pembelajaran
bahasa Inggris di kelas IIIA
|
2.
|
Penilaian
diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Al Muttaqin
|
Wawancara
bebas
|
Pedoman
wawancara
|
Guru
bidang studi bahasa Inggris dan 7 siswa kelas IIIA
|
3.
|
Penilaian
diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Al Muttaqin
|
Studi
dokumentasi
|
Check-list
|
Arsip
pembelajaran bahasa Inggris kelas IIIA SD Al Muttaqin
|
Tabel 3.2
Jenis Data, Teknik Pengumpulan data, Instrumen yang
digunakan
0 Comment to "TEKNIK PENGUMPULAN DATA PADA TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"
Posting Komentar