TEKNIK PENGUMPULAN DATA PADA TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR


F.      Teknik Pengumpulan Data
Penelitian bertujuan untuk memperoleh data dari objek yang diteliti. Oleh karena itu, teknik pengumpulan data memegang peranan penting dalam pelaksanaan penelitian untuk mendapatkan data guna mencapai tujuan penelitian yang diharapkan.
Pengumpulan data diperoleh dari beragam sumber data, cara maupun setting. Dilihat dari sumber data, peneliti mengumpulkan data dari beragam sumber yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan setting, pengumpulan data penelitian kualitatif dilakukan pada setting alamiah natural, Creswell (2010. Hlm 261) menyatakan bahwa “dalam setting yang alamiah, para peneliti kualitatif melakukan interaksi face to face sepanjang penelitian.”
 Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini, dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.        Observasi
Menurut Creswell (2010, hlm. 267) mengemukakan bahwa “observasi pada penelitian kualitatif merupakan observasi yang di dalamnya peneliti langsung turun ke lapangan untuk mengamati perilaku dan aktivitas-aktivitas individu di lokasi penelitian.” Adapun tujuan dari observasi ini adalah mengamati aktivitas yang terjadi, sehingga didapatkan data berdasarkan fakta. Sebagaimana dikemukakan oleh Marshall (dalam Sugiyono, 2010, hlm. 310) bahwa “trhough observation, the researcher learn about behavior and the meaning attached to those behavior.” Pada pelaksanaan observasi ini, peneliti turun langsung ke lapangan untuk mengamati perilaku dan aktifitas individu di lokasi penelitian yaitu kelas IIIA SD Al Muttaqin. Pada prosesnya, peneliti merekam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di kelas IIIA SD Al Muttaqin. Adapun jadwal observasi dapat dilihat pada tabel berikut :
No
Hari/Tanggal
Jam ke
Alokasi Waktu
Kegiatan
1
Jum’at/ 2 Mei 2014
3-4
(08.50-10.00)
60 menit
Ulangan harian dan pembelajaran Reading
2
Senin / 12 Mei 2014
1
(08.00-08.30)
30 menit
Listening
3
Rabu/14 Mei 2014
3-4
(08.50-10.00)
60 menit
Speaking

Tabel 3.1
Jadwal Observasi

2.        Wawancara
Kegiatan wawancara dilaksanakan untuk memperoleh informasi guna melengkapi data observasi. Sejalan dengan pernyataan tersebut, Susan Stainback dalam Sugiyono (2010. Hlm 318) menyatakan bahwa,
Dengan wawancara peneliti akan mengetahui hal-hal yang lebih mendalam tentang partisipan dalam menginterpretasikan situasi atau fenomena yang terjadi, dimana hal ini tidak bisa ditemukan melalui observasi.

 Pelaksanaan wawancara kepada guru bidang studi bahasa Inggris kelas IIIA dilaksanakan sepanjang penelitian berlangsung, yaitu pada tanggal 21 april – 21 Mei. Dalam melakukan wawancara dengan guru bidang studi bahasa Inggris kelas IIIA, peneliti menggunakan teknik wawancara semiterstruktur (semistructure interview).
Dalam teknik wawancara semiterstruktur (semistructure interview),  peneliti melakukan interaksi face to face secara lebih mendalam dan terbuka, sebagaimana pernyataan Sugiyono (2010. Hlm 320) bahwa
Jenis wawancara ini sudah termasuk kategori in-depth interview, dimana dalam pelaksanaannya lebih bebas dibandingkan dengan wawancara terstruktur. Tujuan dari wawancara jenis ini adalah untuk menemukan permasalahan secara lebih terbuka, dimana pihak yang diajak wawancara diminta pendapat, dan ide-idenya.

Dalam melakukan wawancara, peneliti perlu mendengarkan atau merekam serta mencatat hal-hal yang dikemukakan oleh narasumber. Tidak hanya itu, hal penting yang perlu diperhatikan adalah peneliti harus menciptakan hubungan yang baik (rapport) serta kepercayaan dengan narasumber. Sejalan dengan pernyataan tersebut, Susan Stainback dalam Sugiyono (2010. Hlm 326) menyatakan bahwa “rapport is a relationship of mutual trust and emotional affinity between two or more people. Establishing rapport is an important task for the qualitative research.”  
Peneliti pun melakukan wawancara dengan tujuh siswa kelas IIIA setelah proses observasi berlangsung. Penetapan jumlah siswa didasarkan pada kesediaan para siswa untuk dimintai informasi berkaitan dengan penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris.
3.        Dokumentasi
Selama penelitian, peneliti juga mengumpulkan dokumen-dokumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), instrumen penilaian dan foto kegiatan pembelajaran.
No
Jenis Data
Teknik Pengumpulan Data
Instrumen
Sumber Data
1.
Penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Al Muttaqin
Observasi
Lembar Observasi
Pembelajaran bahasa Inggris di kelas IIIA
2.
Penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Al Muttaqin
Wawancara bebas
Pedoman wawancara
Guru bidang studi bahasa Inggris dan 7 siswa kelas IIIA
3.
Penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Al Muttaqin
Studi dokumentasi
Check-list
Arsip pembelajaran bahasa Inggris kelas IIIA SD Al Muttaqin
Tabel 3.2
Jenis Data, Teknik Pengumpulan data, Instrumen yang digunakan

Share this

0 Comment to "TEKNIK PENGUMPULAN DATA PADA TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar