D.
Definisi
Operasional
Definisi operasional
digolongkan ke dalam definisi personal berdasarkan kebutuhan individu dalam
pelaksanaan penelitian mengacu pada kerangka teori Dalam menetapkan definisi
operasional pada suatu penelitian, diharuskan untuk menentukan serta merumuskan
variabel-variabel penelitian yang akan melahirkan indikator-indikator dari
setiap variabel dimana indikator-indikator tersebut akan dijabarkan dalam
instrumen penelitian. Sugiyono (2010. Hlm 60), menyatakan bahwa “variabel
penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang
ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang
hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.”
Pada penelitian ini,
peneliti menggunakan sebuah variabel mandiri, yaitu teknik penilaian diri dalam
pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Penjabaran definisi operasional bertujuan
untuk menyamakan persepsi mengenai istilah-istilah yang terdapat dalam variabel
tersebut. Adapun definisi operasionalnya dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.
Teknik
Cara
dalam melaksanakan atau mengerjakan suatu kegiatan.
2.
Penilaian diri
Teknik
penilaian dengan melibatkan peserta didik untuk menilai diri berkaitan dengan
proses pembelajaran dan tingkat pencapaian kompetensi yang telah dipelajari.
3.
Pembelajaran bahasa Inggris
Proses
belajar mengajar bahasa yang mencakup empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu
keterampilan menyimak atau mendengarkan (listening
skills), keterampilan berbicara (speaking
skills), keterampilan membaca (reading
skills) dan keterampilan menulis (writing
skills).
0 Comment to "DEFINISI OPERASIONAL TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"
Posting Komentar