E.
Instrumen
Penelitian
Dalam pelaksanaan
penelitian, peneliti pada prinsipnya melakukan suatu proses pengukuran, dimana
dalam proses tersebut tentunya diperlukan suatu cara atau alat ukur. Alat ukur
dalam penelitian dinamakan dengan instrumen penelitian. Sugiyono (2010. Hlm
148) menyatakan bahwa “instrumen penelitian adalah suatu alat yang digunakan
mengukur fenomena alam maupun sosial yang diamati.”
Pada penelitian
kualitatif, peneliti merupakan instumen kunci (researcher as key insrument), dengan kata lain instrumen
penelitian pada penelitian kualitatif adalah peneliti itu sendiri (Creswell,
2010. Hlm 261). Dalam hal ini, peneliti memegang peranan penting dalam
menentukan fokus penelitian serta teknik pengumpulan data dalam rangka
mengumpulkan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan serta
membuat kesimpulan berdasarkan temuan yang ada. Sukmadinata ( 2010. Hlm 13)
menyatakan bahwa
Dalam penelitian
kualitatif peneliti lebur (immersed)
dengan situasi yang diteliti. Peneliti adalah pengumpul data, orang yang ahli
dan memiliki kesiapan penuh untuk memahami situasi, ia peneliti sekaligus
sebagai instrumen.
Sejalan
dengan pernyataan tersebut, maka dalam penelitian ini, peneliti merupakan
instrumen penelitian itu sendiri. Guna membantu pada proses pengumpulan data,
peneliti menggunakan instrumen berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan
pedoman dokumentasi. Berikut ini penulis mencantumkan kisi-kisi dari pedoman
observasi, pedoman wawancara serta pedoman dokumentasi.
0 Comment to "INSTRUMEN PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"
Posting Komentar