B.
Desain
Penelitian
Menentukan masalah
penelitian merupakan tahap awal penelitian yang akan dijadikan pedoman untuk
melasanakan studi pendahuluan. Adapun dalam studi pendahuluan peneliti
melaksanakan observasi serta wawancara di tiga sekolah dasar negeri dan satu
sekolah dasar swasta berkenaan dengan teknik penilaian dalam pembelajaran
bahasa Inggris. Data awal studi pendahuluan dijadikan pedoman untuk merumuskan
masalah penelitian dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dengan
melaksanakan penelitian. Pada tahap selanjutnya, peneliti menentukan lokasi dan
subjek penelitian.
Guna mencapai tujuan
penelitian yang diharapkan, peneliti sebagai instrumen penelitian melakukan
tiga teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Observasi dilakukan dengan mengamati teknik guru pada pelaksanaan penilaian
diri dalam pembelajaran bahasa Inggris, wawancara bersama guru bahasa Inggris
beserta tujuh siswa kelas IIIA, serta pengumpulan dokumen yang berkaitan dengan
teknik penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris. Proses pengumpulan
data berakhir ketika peneliti meninggalkan lokasi penelitian setelah
mendapatkan data yang diperlukan serta tidak ditemukan lagi data baru.
Data yang diperoleh
kemudian dianalisis dengan menyusun fakta-fakta hasil temuan di lapangan guna
menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah. Pada tahap
akhir, peneliti menarik kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan.
Adapun alur penelitian dapat dilihat pada gambar berikut
0 Comment to "DESAIN PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"
Posting Komentar