BAB
III
METODE
PENELITIAN
A.
Lokasi
dan Subjek Penelitian
1.
Lokasi
Penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan di kelas IIIA
SD Al Muttaqin Tasikmalaya. SD Al Muttaqin beralamat di jalan Sutisna Senjaya,
Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. SD Al Muttaqin merupakan sekolah dasar
swasta berbasis full day school, dimana
siswa belajar dari pukul 07.30 sampai dengan 15.00 berbeda dengan sekolah dasar
pada umumnya.
Adapun pemilihan SD Al
Muttaqin dalam penelitian ini, didasarkan pada hal-hal sebagai berikut :
a.
Penelitian terhadap teknik penilaian
diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas IIIA SD Al Muttaqin belum pernah
dilaksanakan sebelumnya.
b.
Guru bidang studi bahasa Inggris di
kelas IIIA
SD Al Muttaqin terbiasa melaksanakan penilaian diri dalam pembelajaran.
c.
Guru bidang studi bahasa Inggris selaku
narasumber bersedia untuk dimintai informasi berkaitan dengan teknik penilaian
diri dalam pembelajaran bahasa Inggris.
d.
Pihak sekolah memberikan izin untuk
melaksanakan penelitian berkenaan dengan teknik penilaian diri dalam
pembelajaran bahasa Inggris.
e.
Ketersediaan dan kelengkapan media yang
memadai dalam menunjang serta mendukung optimalisasi pelaksanaan pembelajaran
bahasa Inggris.
Berdasarkan
pertimbangan tersebut, peneliti menetapkan SD Al Muttaqin sebagai lokasi
penelitian yang tepat untuk membantu tercapainya tujuan penelitian yang
dirancang peneliti.
2.
Subjek
Penelitian
Berkenaan dengan subjek
penelitian, tidak digunakan istilah populasi dalam penelitian berbasis qualitative research. Hal ini
dikemukakan oleh Spradley (Sugiyono, 2010. Hlm 297) bahwasanya istilah populasi
dalam penelitian kualitatif dinamakan “social
situation”.
Lebih lanjut
dikemukakan bahwa social situation
ini terdiri atas tiga elemen yaitu : tempat (place),
pelaku (actors) dan activitas (activity). Ketiga elemen tersebut
merupakan bagian-bagian yang berinteraksi secara sinergis menjadi suatu
kesatuan yang utuh. Pada penelitian ini, tempat, pelaku dan aktivitas adalah
teknik penilaian diri yang dilaksanakan di kelas IIIA SD Al Muttaqin Kota
Tasikmalaya.
Dalam penelitian ini,
istilah populasi tidak digunakan oleh peneliti dikarenakan penelitian
kualitatif bermula dari suatu kasus tertentu pada situasi sosial tertentu pula.
Hasil dari penelitian ini, tidak diberlakukan pada populasi melainkan diterapkan
di tempat lain berkenaan kasus yang dipelajari pada situasi sosial yang
memiliki kesamaan (Sugiyono 2010).
Adapun yang menjadi
subjek penelitian adalah guru bidang studi bahasa Inggris kelas IIIA SD Al
Muttaqin. Dalam menetapkan subjek penelitian tersebut, peneliti menggunakan
teknik purvosive sampling. Sugiyono
(2010. Hlm 300) menjelaskan bahwa
Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel
sumber data dengan pertimbangan
tertentu. Pertimbangan tertentu ini, misalnya orang tersebut yang dianggap
paling tahu tentang apa yang kita harapkan, atau mungkin dia sebagai penguasa
sehingga memudahkan peneliti menjelajahi objek/situasi sosial yang diteliti.
Sejalan dengan
pernyataan Sugiyono, berikut paparan peneliti berkaitan dengan kriteria dalam
menetapkan subjek penelitian.
a.
Subjek adalah guru bidang studi bahasa
Inggris yang mengajar di kelas IIIA.
b.
Subjek melaksanakan penilaian diri di
kelas tersebut.
c.
Subjek mempunyai waktu yang memadai
untuk dimintai informasi
0 Comment to "LOKASI DAN SUBJEK PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"
Posting Komentar