CONTOH ANGGAPAN DASAR PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELILING BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG


Anggapan Dasar
Menurut Prof. Dr. Winarno Surakhmad M.Sc.Ed. (2006:65) “anggapan dasar atau postulat adalah sebuah titik tolak pemikiran yang kebenarannya diterima oleh penyelidik”. Berdasarkan pengertian tersebut, maka peneliti merumuskan anggapan dasar sebagai berikut:
1.      Mata pelajaran Matematika  bertujuan  Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan dalam kehidupan melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran logis, rasional, kritis, cermat, jujur dan efektif; Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan;  Menambah dan mengembangkan ketrampilan  berhitung dengan bilangan sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari;  mengembangkan pengetahuan dasar matematika dasar sebagai bekal untuk melanjutkan kependidikan menengah dan membentuk sikap logis, kritis, kreatif, cermat dan disiplin
2.      Metode demonstrasi
Menurut Wina Sanjaya (2010: 152) adalah :
“Metode demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan memeragakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi, atau benda tertentu baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan”

Dengan pengertian di atas, jelas bahwa metode demonstrasi digunakan untuk memeragakan suatu proses, situasi, atau benda tertentu terkait dengan materi pelajaran yang dipelajari dengan tujuan menyajikan pelajaran dengan lebih komplit sehingga materi pelajaran yang disampaikan akan lebih berkesan bagi siswa dan membentuk pemahaman yang mendalam
3.      Pemahaman Konsep
Dalam hal ini adalah pemehaman siswa mengenai konsef  keliling bangun datar merupakan merupakan bukti dari usaha yang telah dilakukan.

Share this

0 Comment to "CONTOH ANGGAPAN DASAR PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELILING BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG"

Posting Komentar