Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan
masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan data
mengenai pengaruh
pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran Subtema
Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar .................... dan Sekolah
Dasar Negeri Pasirmalang UPTD Pendidikan Kecamatan Cigalontang Kabupaten
Tasikmalaya. Adapun secara rinci tujuan penelitian adalah :
1.
Untuk memperoleh informasi mengenai hasil belajar siswa pada pembelajaran
Subtema Macam-Macam Sumber Energi tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran
SAVI di kelas IV Sekolah Dasar .....................
2.
Untuk memperoleh informasi mengenai hasil belajar siswa pada pembelajaran
Subtema Macam-Macam Sumber Energi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran
SAVI di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang.
3.
Untuk memperoleh informasi mengenai perbedaan hasil belajar siswa antara
pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi tanpa menggunakan pendekatan
pembelajaran SAVI di Sekolah Dasar .................... dengan pembelajaran
Subtema Macam-Macam Sumber Energi yang menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI
di Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang.
4.
Untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI
terhadap hasil belajar pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi di
kelas IV Sekolah Dasar .................... dan Sekolah Dasar Negeri
Pasirmalang.
Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun secara praktis.
1.
Manfaat Teoritis
Secara teoritis,
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai sumber
informasi dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses
pembelajaran terutama dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Subtema Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar. Selain itu penelitian ini
dapat bermanfaat sebagai bahan referensi dalam merancang desain pembelajaran
dengan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual
Intelektual (SAVI) dalam kurikulum 2013. Peneliti juga berharap rancangan dalam penelitian ini
yaitu penggunaan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual
(SAVI) dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran.
2.
Manfaat
Praktis
Secara praktis
penelitian ini dapat bermanfaat
:
a.
Bagi guru
Manfaat
penelitian ini bagi guru yaitu dapat mengembangkan kualitas pembelajaran
menjadi lebih menarik, dapat menjalankan tugas sebagai pendidik dengan baik
yaitu dengan merencanakan pembelajaran secara matang, dapat mengidentifikasi
kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa pada pembelajaran juga
dapat menciptakan kreativitas dan inovasi-inovasi dalam pembelajaran salah
satunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual
Intelektual (SAVI).
b. Bagi siswa
Manfaat
penelitian ini bagi siswa yaitu dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam
mengikuti pembelajaran karena pembelajaran dikemas secara menarik dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). Penggunaan pendekatan
pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang
bermakna dan tidak membuat siswa jenuh . Selain itu kesulitan-kesulitan yang
dialami oleh siswa dalam memahami materi khususnya materi-materi yang terdapat
dalam Pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi dapat diatasi.
c. Bagi peneliti
Manfaat
penelitian ini bagi peneliti yaitu dapat memberikan pengalaman dalam mengelola
pembelajaran tematik sesuai dengan kurikulum 2013 yang baru-baru ini
dicanangkan oleh pemerintah, dapat meningkatkan kemampuan mengajar dan
memberikan pengetahuan tentang bagaimana mengatasi kesulitan-kesulitan yang
dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman
siswa terhadap materi pembelajaran. Selain itu penelitian ini juga dapat menjadi bahan
informasi dan pengalaman dalam penyusunan
desain pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual
Intelektual (SAVI) pada materi-materi yang lain.
d. Bagi peneliti
lain
Manfaat
penelitian ini bagi peneliti lain yaitu dapat menjadi rujukan, sumber informasi
dan bahan referensi penelitian selanjutnya agar bisa lebih dikembangkan dalam
materi-materi yang lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu
peneliti juga berharap agar penelitian ini dapat memberikan motivasi kepada
peneliti lain agar dapat lebih baik dalam merancang desain pembelajaran
dengan menggunakan dan mengembangkan pendekatan-pendekatan
pembelajaran inovatif lainnya.
0 Comment to "CONTOH TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR"
Posting Komentar