CONTOH RUMUSAN MASALAH PENELITIAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR


Rumusan Masalah Penelitian

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah dikemukakan, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut “Bagaimana pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar .................... dan Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang UPTD Pendidikan Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya?”.
1.      Pertanyaan Penelitian
Untuk memperjelas permasalahan penelitian, rumusan masalah penelitian tersebut diuraikan menjadi pertanyaan penelitian sebagai berikut :
a.       Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di kelas IV Sekolah Dasar ....................?
b.      Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang?
c.       Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di Sekolah Dasar .................... dengan pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi yang menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang?
d.      Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar .................... dan Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang?


2.      Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah
Agar pembahasan masalah lebih terarah dan tidak meluas, peneliti membatasi ruang lingkup penelitian pada hal-hal berikut ini:
a.       Penelitian ini dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar .................... dan Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang UPTD Pendidikan Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.
b.      Materi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran tematik pada Subtema Macam-Macam Sumber Energi yang mengaitkan beberapa materi pembelajaran yaitu sifat-sifat cahaya dan fotosintesis untuk mata pelajaran IPA, pembuatan laporan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kelipatan persekutuan terkecil untuk mata pelajaran Matematika.
c.       Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini dibatasi hanya pada hasil belajar kognitif karena keterbatasan dari segi kapasitas peneliti, waktu dan biaya.

Share this

0 Comment to "CONTOH RUMUSAN MASALAH PENELITIAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar