Rumusan Masalah Penelitian
Berdasarkan latar
belakang dan identifikasi masalah yang
telah dikemukakan,
maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut “Bagaimana pengaruh pendekatan
pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran Subtema Macam-Macam
Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar ....................
dan Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang UPTD Pendidikan Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya?”.
1. Pertanyaan Penelitian
Untuk memperjelas
permasalahan penelitian, rumusan masalah penelitian tersebut diuraikan menjadi
pertanyaan penelitian sebagai berikut :
a.
Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber
Energi tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di kelas IV Sekolah Dasar ....................?
b.
Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber
Energi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang?
c.
Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran Subtema
Macam-Macam Sumber Energi tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di
Sekolah Dasar .................... dengan pembelajaran Subtema Macam-Macam
Sumber Energi yang menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di Sekolah Dasar
Negeri Pasirmalang?
d.
Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil
belajar pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah
Dasar .................... dan Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang?
2. Ruang Lingkup dan Pembatasan Masalah
Agar pembahasan
masalah lebih terarah dan tidak meluas, peneliti membatasi ruang lingkup
penelitian pada hal-hal berikut ini:
a.
Penelitian ini dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar .................... dan
Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang UPTD
Pendidikan Kecamatan
Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.
b.
Materi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran
tematik pada Subtema Macam-Macam Sumber Energi yang mengaitkan beberapa materi
pembelajaran yaitu sifat-sifat cahaya dan fotosintesis untuk mata pelajaran IPA,
pembuatan laporan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan kelipatan
persekutuan terkecil untuk mata pelajaran Matematika.
c.
Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini dibatasi hanya pada hasil
belajar kognitif karena keterbatasan dari segi kapasitas peneliti, waktu dan
biaya.
0 Comment to "CONTOH RUMUSAN MASALAH PENELITIAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR"
Posting Komentar