Analisis Data Pada Teknik Penilaian Diri Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar


G.      Analisis Data
Pada hakikatnya, analisis data merupakan suatu proses mengolah data yang telah diperoleh dari hasil observasi, wawancara maupun dokumentasi pada pembelajaran bahasa Inggris di kelas IIIA SD Al Muttaqin. Analisis data pada kualitatif bersifat induktif, dimana pada dasarnya analisis data kualitatif bertujuan memahami suatu situasi menjadi bagian, hubungan antar bagian dengan keseluruhan. Sejalan dengan pernyataan tersebut, Sukmadinata (2012. Hlm 284) mengemukakan bahwa,
Data dalam peneelitian kualitatif bukan berupa angka, angka tetapi deskripsi naratif, kalaupun ada angka, angka tersebut dalam hubungan suatu deskripsi. Dalam pengolahan data kualitatif tidak ada penjumlahan data, sehingga mengarah pada generalisasi.

Dalam penelitian kualitatif, Sugiyono (2010. Hlm 336) mengemukakan bahwa, “analisis data lapangan dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah di lapangan.” Lebih lanjut Sugiyono menjelaskan bahwa “...dalam penelitian kualitatif analisis data lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data (Sugiyono, 2010. Hlm 336).” Pada tahap analisis data, peneliti mengacu pada tiga alur analisis data menurut Miles dan Huberman.
Tahapan-tahapan berdasarkan gambar tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
a.         Data reduction
Perolehan data dari lapangan, jumlahnya akan banyak. Maka dari itu, pencatatan secara rinci dan teliti sangat diperlukan. Semakin dalam peneliti memasuki lapangan, data yang diperoleh semakin banyak, kompleks dan rumit. Oleh karena itu, peneliti perlu mereduksi data yang diperoleh.
Mereduksi pada hakikatnya adalah merangkum, memilih hal pokok, memfokuskan pada hal penting serta memilih alur dan tema kemudian membuang yang tidak perlu. Sejalan dengan pernyataan tersebut, Creswell (2010. Hlm 298) menyatakan bahwa “selama analisis ini, data disusun secara kategoris dan kronologis, diperiksa kembali berulang ulang.”
Pada akhirnya, setelah dilakukan reduksi data dapat ditemukan gambaran dan pola yang jelas sehingga mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya.
b.        Data Display
Pada tahap data display/penyajian data, peneliti menyajikan data yang sebelumnya telah melalui proses reduksi terlebih dahulu. pada Tahap penyajian data pada penelitian kualitatif dapat disajikan melalui uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, flowchart dan sejenisnya.Pada tahap penyajian data, data disajikan dalam bentuk narasi/laporan kualitatif.
c.         Conclusion drawing
Langkah ketiga dari teknik analisis data menurut Miles dan Huberman adalah menarik kesimpulan atau memverifikasi data. Kesimpulan dalam penelitian kualitatif mungkin bisa menjawab rumusan masalah di awal, mungkin juga tidak. Kesimpulan diharapkan dapat memberikan gambaran jelas dari rumusan masalah sebelumnya (Sugiyono, 2010).
Adapun tahap analisis data yang ditempuh oleh peneliti berdasarkan alur analisis data menurut Miles dan Huberman adalah sebagai berikut :
1.        Mentranskrip data observasi berupa video sesuai dengan pedoman observasi.
2.        Mentranskrip data hasil wawancara bersama narasumber, sehingga dapat diketahui poin-poin penting berkaitan dengan penelitian.
3.        Memilih data dokumentasi yang ada kaitannya dengan penelitian yang dilaksanakan.
4.        Menyajikan data observasi, wawancara serta dokumentasi dalam bentuk deskripsi naratif.
5.        Menarik kesimpulan dari keseluruhan data yang ditemukan di lokasi penelitian.

Share this

0 Comment to " Analisis Data Pada Teknik Penilaian Diri Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar"

Posting Komentar