Asumsi Dan Keterbatasan Pengembangan tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit

E.      Asumsi Dan Keterbatasan Pengembangan
1.        Asumsi Pengembangan
Dalam penelitian ini, perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter dikembangkan dengan adanya beberapa asumsi, yaitu:
  • Purwanto berpendapat bahwa: “Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya”.
  • Berdasarkan PERMEN No 22 Tahun 2006, tujuan pembelajaran IPA di sekolah dasar mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotor. Sehingga mengandung ketiga unsur hakikat pembelajaran IPA yaitu proses, produk, dan sikap yang harus diperhatikan oleh guru.
  • Pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran IPA dapat berhasil menanamkan karakter apabila menggunakan sebuah perangkat pembelajaran yang mampu mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor dengan tujuan mengembangkan nilai-nilai karakter pada diri siswa.
2.        Keterbatasan Pengembangan
Dalam pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini terdapat beberapa keterbatasan, antara lain:
  • Kemampuan peneliti dalam mengembangkan perangkat masih terbatas.
  • Pengembangan hanya dilakukan oleh satu orang peneliti saja sehingga dalam pelaksanaan uji coba hanya terbatas pada lingkup kecil.
  • Materi yang dikembangkan hanya terpaku pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit.
  • Pengembangan hanya dibatasi untuk digunakan di satu kelas dan satu sekolah dasar yaitu kelas IV di SDN .......

Share this

0 Comment to "Asumsi Dan Keterbatasan Pengembangan tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit "

Posting Komentar