Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan ( Develop )


3.        Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan (Develop)
Tahap pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan ketentuan menurut para validator dan memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan berdasarkan hasil uji coba.
a.         Penilaian Perangkat Pembelajaran Para Ahli
Dalam tahap ini dilaksanakan validasi rancangan perangkat pembelarajan Draft 1. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hendaknya perangkat pembelajaran telah mampu mempunyai status valid. Idealnya seorang pengembang perangkat pemebelajaran perlu melakukan penilaian perangkat kepada para ahli (validator) mengenai perangkat yang telah dirancang.
Dalam penelitian ini pelaksanaan validasi ahli peneliti meminta bantuan dari 3 orang ahli, dengan rincian sebagai berikut:
Tabel 4.3
Daftar Nama Validator
No
Nama
Keterangan
1.
Drs. Asep Saepulrohman, M. Pd.
Dosen UPI Kampus Tasikmalaya
2.
Hj. Lilis Susilawati, S. Pd.
Guru dan wali kelas IV SDN 1 Kawali
3.
Farid Ma’ruf, S. Pd
Guru dan Mahasiswa Pascasarjana jurusan Bahasa Indonesia
Adapun hasil penilaian perangkat pembelajaran adalah sebagai berikut :
a)        Validasi silabus
Validasi untuk silabus meliputi beberapa aspek, yaitu kelengkapan komponen-komponen silabus, urutan komponen silabus, keterhubungan  komponen silabus secara fungsional, kesesuaian silabus dengan tingkat perkembangan siswa, keefektifan silabus untuk digunakan guru. Hasil validasi silabus disajikan dalam tabel berikut:
Tabel 4.4
Hasil Validasi Silabus
No
Aspek
Penilaian
Validator1
Validator2
Validator3
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
1.
Kelengkapan komponen-komponen silabus
5
4
3
2.
Urutan komponen silabus
4
4
4
3.
Keterhubungan  komponen silabus secara fungsional
4
5
5

Tabel 4.4
Hasil Validasi Silabus
(Lanjutan)
(a)
(b)
(c)
(d)
(e)
4.
kesesuaian RPP dengan tingkat perkembangan siswa
4
4
4
5.
Keefektifan silabus untuk digunakan guru
5
4
4
Jumlah
22
21
20
Rata-rata
4.4
4.2
4
Rata-rata Keseluruhan
4.2

Dari tabel 4.4, didapatkan rata-rata keseluruhan dari penilaian para validator adalah sebesar 4.2. Adapun untuk menentukan kategori penilaian tersebut, maka rata-rata keseluruhan tersebut dibandingkan dengan kategori yang sebagai berikut:
Tabel 4.5
Kategori Penilaian
No
Rentang
Kategori
1.
X > 4.01
Sangat Baik
2.
3.34 < X ≤ 4.01
Baik
3.
2.26 < X ≤ 3.34
Cukup
4.
1.99 < X ≤ 2.26
Kurang
5.
X ≤ 1.99
Sangat Kurang
Sudijono (Budiningsih, et. al, 2010:22)
Maka, dapat disimpulkan bahwa penilaian para validator terhadap silabus yang dirancang peneliti berada dalam kategori Sangat Baik. Sehingga, silabus dinyatakan valid dan bisa digunakan setelah dilakukan revisi berdasarkan saran dari beberapa validator. Berkut ini adalah beberapa revisi yang dilakukan terhadap silabus.
Tabel 4.6
Hasil dan Analisis Data Validasi Silabus
No
Bagian Silabus
Sebelum Revisi
Sesudah revisi
1.
Nilai-nilai karakter
sikap terbuka untuk menerima dan menghargai kebera-gaman
sikap terbuka untuk menerima dan menghargai kebera-gaman pendapat
b)        Validasi RPP
Validasi untuk RPP meliputi beberapa aspek, yaitu kelengkapan komponen dan struktur RPP, keterhubungan komponen RPP secara fungsional dan mendukung pencapaian KD, kesesuaian RPP dengan tingkat perkembangan siswa, langkah-langkah pembelajaran tersusun sistematis, menyajikan metode dan langkah-langkah pembelajaran aktif, kreatif, menyenangkan dan efektif untuk pengembangan karakter siswa, menyajikan penilaian hasil belajar yang tepat, menyajikan sumber belajar yang beragam, dan keefektifan RPP untuk digunakan guru.

Share this

0 Comment to "Deskripsi Hasil Tahap Pengembangan ( Develop )"

Posting Komentar