B. Pengembangan Perangkat
Pembelajaran
Proses
pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini mengacu pada model
pengembangan 4-D yang kemudian dalam pelaksanaannya dimodifikasi menjadi 3-D.
Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah Silabus, RPP, LKS, bahan ajar (materi ajar) dan lembar evaluasi. Adapun
model pengembangan 4-D ini terdiri atas 4 tahap utama, yaitu (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3)
Develop (pengembangan), dan (4) Disseminate (penyebaran). Namun, dalam penelitian ini hanya sampai
tahap pengembangan. Secara garis besar tahapan dalam model 4-D adalah sebagai
berikut:
a. Tahapan Pendefinisian (Define). Tujuan dari tahap ini adalah
menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat perangkat pembelajaran diawali
dengan analisis tujuan dari batasan materi yang dikembangkan perangkatnya.
Dalam tahap ini meliputi empat langkah pokok, yaitu analisis awal-akhir,
analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan
pembelajaran.
b. Tahapan Design (perancangan). Tujuan dari tahap
ini adalah menyiapkan rancangan perangkat pembelajaran. Tahap ini terdiri dari
tiga langkah pokok, yaitu penyusunan tes, pemilihan media, dan pemilihan format
perangkat pembelajaran.
c. Tahap Development (pengembangan). Tujuan tahap
ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi
berdasarkan masukan dari pakar dan hasil ujicoba lapangan. Tahap ini meliputi
validasi perangkat oleh ahli, revisi, dan ujicoba kepada siswa.
d. Tahap Disseminate (Penyebaran). Tujuan dari
tahap ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan perangkat dalam kegiatan
belajar mengajar pada skala yang lebih luas misalnya di kelas lain, sekolah
lain dan oleh guru yang lain.
0 Comment to "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"
Posting Komentar