Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA



B.      Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Proses pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang kemudian dalam pelaksanaannya dimodifikasi menjadi 3-D. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah Silabus, RPP, LKS, bahan ajar (materi ajar) dan lembar evaluasi. Adapun model pengembangan 4-D ini terdiri atas 4 tahap utama, yaitu (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) Disseminate (penyebaran). Namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Secara garis besar tahapan dalam model 4-D adalah sebagai berikut:
a.    Tahapan Pendefinisian (Define). Tujuan dari tahap ini adalah menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat perangkat pembelajaran diawali dengan analisis tujuan dari batasan materi yang dikembangkan perangkatnya. Dalam tahap ini meliputi empat langkah pokok, yaitu analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran.
b.   Tahapan Design (perancangan). Tujuan dari tahap ini adalah menyiapkan rancangan perangkat pembelajaran. Tahap ini terdiri dari tiga langkah pokok, yaitu penyusunan tes, pemilihan media, dan pemilihan format perangkat pembelajaran.
c.  Tahap Development (pengembangan). Tujuan tahap ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang sudah direvisi berdasarkan masukan dari pakar dan hasil ujicoba lapangan. Tahap ini meliputi validasi perangkat oleh ahli, revisi, dan ujicoba kepada siswa.
d.     Tahap Disseminate (Penyebaran). Tujuan dari tahap ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan perangkat dalam kegiatan belajar mengajar pada skala yang lebih luas misalnya di kelas lain, sekolah lain dan oleh guru yang lain.

Share this

0 Comment to "Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"

Posting Komentar