Contoh Abstrak Skripsi Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi Bahasa Indonesia

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMIBING
PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan perencanaan pembelajaran berupa silabus pembelajaran tematik dan RPP tematik berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada tema Selalu Berhemat Energi dengan memadukan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan  Alam, Bahasa Indonesia dan Seni Budaya dan Prakarya. Penelitian ini  menggunakan model 4D menurut Thiagarajan dengan tahapan  Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develop) dan tahap Penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN ... 2, SDN ... 3 dan SDN ... yang berada di gugus Anggrek Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, studi dokumtasi, tes dan nontes dengan instrumen berupa lembar angket model pembelajaran yang biasa digunakan guru kelas IV SD, lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa dan guru serta evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian yang dilakukan sebanyak tiga kali uji coba menunjukkan bahwa perencaan pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Aspek kevalidan ditunjukkan oleh validasi silabus pembelajaran tematik sebesar 4,57 dan RPP tematik model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 4,47 termasuk kategori sangat baik. Aspek kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran di SDN ... 2 sebesar 3,80 , SDN ... 3 sebesar 3,80 dan SDN ... sebesar 3,86 yang menunjukkan adanya peningkatan. Aspek keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa dengan perhitungan normal gain SDN ... 2 sebesar 40,74 %, SDN ... 3 sebesar 43,30 % dan SDN ... sebesar 46,67 % termasuk kategori cukup efektif. Secara keseluruhan siswa disetiap sekolah memberi respon setuju dan respon guru sebesar 90,60 % termasuk kategori sangat efektif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci         : Penelitian dan Pengembangan, Perencanaan Pembelajaran, 
                            Tema Selalu Berhemat Energi

Share this

0 Comment to "Contoh Abstrak Skripsi Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi Bahasa Indonesia"

Posting Komentar