B. Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian
1. Identifikasi Masalah Penelitian
Berdasarkan masalah yang dikemukakan, masalah
pembelajaran yang menjadi perhatian peneliti dan menuntut pemecahan berkaitan
dengan:
a. Belum optimalnya merancang proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inkuiri
terbimbing berdasarkan fase-fase sehingga guru merasa kesulitan dalam
menuangkannya ke dalam RPP
b. Belum optimalnya proses pembelajaran
yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran guna
menciptakan pengalaman dan kondisi belajar yang bermakna bagi siswa
terutama pada materi yang memerlukan praktik atau percobaan
c. Belum optimalnya mengembangkan proses pembalajaran yang dapat memberikan
kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan pembelajaran karena hanya
memberikan pengalaman yang verbalistik kepada siswa.
2.
Batasan Masalah Penelitian
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah
pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan di kelas IV
Sekolah Dasar Gugus Anggrek Kecamatan Rajapolah. Pengembangan model
pembelajaran inkuiri terbimbing difokuskan pada Tema Selalu Berhemat Energi dan
mengambil Subtema gaya dan gerak pada pembelajaran 2. Mata pelajaran yang
dipadukan yaitu IPA, Bahasa Indonesia, dan
SBdP. Materi yang diajarkan dalam pembelajaran 2 ini tentang konsep gaya
gesek.
0 Comment to "Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit "
Posting Komentar