Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit

B.  Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian
1. Identifikasi Masalah Penelitian
Berdasarkan masalah yang dikemukakan, masalah pembelajaran yang menjadi perhatian peneliti dan menuntut pemecahan berkaitan dengan:
a.    Belum optimalnya merancang proses pembelajaran yang  menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berdasarkan fase-fase sehingga guru merasa kesulitan dalam menuangkannya ke dalam RPP
b.  Belum optimalnya proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran guna  menciptakan pengalaman dan kondisi belajar yang bermakna bagi siswa terutama pada materi yang memerlukan praktik atau percobaan
c.     Belum optimalnya mengembangkan proses pembalajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan pembelajaran karena hanya memberikan pengalaman yang  verbalistik kepada siswa. 

2.    Batasan Masalah Penelitian
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar Gugus Anggrek Kecamatan Rajapolah. Pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing difokuskan pada Tema Selalu Berhemat Energi dan mengambil Subtema gaya dan gerak pada pembelajaran 2. Mata pelajaran yang dipadukan yaitu IPA, Bahasa Indonesia, dan  SBdP. Materi yang diajarkan dalam pembelajaran 2 ini tentang konsep gaya gesek.

Share this

0 Comment to "Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit "

Posting Komentar