Manfaat Penelitian dan Struktur Organisasi Skripsi tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit


E.  Manfaat Penelitian
1.    Bagi Siwa
Penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran secara mudah dan dapat belajar secara aktif sehingga dapat membangun pengetahuannya sendiri melalui keterampilan proses sains seperti pengamatan dan eksperimen.
2.    Bagi Guru
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dalam merancang proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif dengan melibatkan siswa secara aktif sehingga memberikan pembelajaran yang bermakna.
3.    Bagi Peneliti
Meningkatkan  keterampilan dan wawasan dalam merangcang proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif. Selain itu, peneliti dapat memahami penggunaan pengembangan model inkuiri terbimbing yang dapat membantu tujuan pembelajaran yang diharapkan.

F.  Struktur Organisasi Skripsi
Struktur organisasi skripsi merupakan pedoman dalam menyusun laporan penelitian. Struktur organisasi skripsi  ini sebagai berikut :
1.        BAB I Pendahuluan
Pendahuluan berisi latar belakang penelitian,  identifikasi dan batasan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian,  dan struktur organisasi skripsi
2.        BAB II Kajian Pustaka
Kajian pustaka memaparkan landasan-landasan teoritik dalam menyusun rumusan masalah dan tujuan penelitian
3.        BAB III Metode Penelitian
Bab ini berisi penjabaran tentang metode penilitian yang terdiri dari lokasi dan subjek penelitian, metode penelitian, pengembangan model pembelajaran, definisi operasional, instrumen penelitian, prosedur penelitian, teknik pengumpulan data.
4.        BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
Bab ini berisi  hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian yang dikaitkan dengan landasan teoritik yang telah dibahas  dalam kajian pustaka.
5.        BAB V Kesimpulan dan Saran
Bab ini menyajikan  penafsiran dan pemaknaan peneliti terhadap hasil analisis temuan penelitian
6.        Daftar Pustaka
Daftar pustaka berisi semua sumber yang pernah dikutip dan digunakan dalam penulisan skripsi.
7.        Lampiran
Lampiran berisi semua dokumen yang digunakan dalam penelitian dengan memberi nomor urut pada setiap lampiran untuk memudahkan pembaca

Share this

0 Comment to "Manfaat Penelitian dan Struktur Organisasi Skripsi tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Karakter pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit "

Posting Komentar