CONTOH BAB V SIMPULAN DAN SARAN SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Kualitas peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar .................... berada pada kategori kurang efektif. Hal ini didasarkan pada perhitungan rata-rata normal gain yang mencapai 0,41. Nilai rata-rata pre test kelas IV Sekolah Dasar .................... mencapai 42,81 dan berada pada kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata post test mencapai 66,15 dan berada pada kategori tinggi.
2.      Kualitas peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang berada pada kategori cukup efektif. Hal ini didasarkan pada perhitungan rata-rata normal gain yang mencapai 0,65. Nilai rata-rata pre test kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang mencapai 44,04 dan berada pada kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata post test mencapai 79,70 dan berada pada kategori sangat tinggi.
3.      Berdasarkan pada hasil  pengujian perbedaan nilai rata-rata post test dan rata-rata normal gain antara kelas IV Sekolah Dasar .................... dengan kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang, maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi antara kelas IV Sekolah Dasar .................... dengan kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang. Nilai rata-rata post test dan rata-rata normal gain kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas IV Sekolah Dasar .....................
4.      Terdapat pengaruh dari pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang dan Sekolah Dasar .................... UPTD Pendidikan Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Terdapatnya pengaruh tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata normal gain antara kelas IV Sekolah Dasar .................... dengan kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang yang perbedaannya cukup jauh. Hal ini juga diperkuat oleh hasil uji perbedaan rata-rata normal gain antara kelas IV Sekolah Dasar .................... dengan kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Maka, hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang lebih baik dari pada hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar .....................

B.     Saran

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka rekomendasi dari peneliti adalah sebagai berikut :
1.      Guru hendaknya mampu mempersiapkan proses pembelajaran seoptimal mungkin dan mampu mengelola pembelajaran khususnya pembelajaran tematik sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini sehingga tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan dapat tercapai. Selain itu, pembelajaran hendaknya tidak hanya menekankan pada pelafalan konsep saja namun juga pada pemahaman konsep sehingga siswa tidak hanya hafal materi tanpa mengerti maksudnya.
2.      Pembelajaran harus dirancang dengan menarik, kreatif, inovatif dan menyenangkan agar siswa merasa nyaman dan senang mengikuti proses pembelajaran, jika siswa belajar dengan nyaman dan tanpa paksaan, maka pembelajaran akan menjadi  lebih bermakna bagi siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Caranya adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, ingin mencoba dan melakukan hal-hal yang baru. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan SAVI.
3.      Proses pembelajaran hendaknya mampu mengoptimalkan seluruh indera yang dimiliki siswa artinya siswa belajar tidak hanya dengan mendengarkan saja apa yang diajarkan guru dan memahami materi pembelajaran secara teori saja, namun siswa belajar dengan mengerahkan seluruh fungsi tubuhnya yaitu belajar dengan bergerak, mendengar dan berbicara, mengamati dan menggambarkan apa yang dipelajari secara langsung, merenungkan dan memikirkan apa yang sedang dipelajari. Dengan adanya perpaduan fungsi Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual dalam proses pembelajaran, maka pembelajaran akan lebih berkualitas.
4.      Karena keterbatasan penelitian, yaitu pemahaman peneliti terhadap pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 yang peneliti rasa masih baru, maka disarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam mengenai efektifitas pendekatan pembelajaran SAVI dalam pembelajaran tematik dengan persiapan, instrumen dan metodologi penelitian yang lebih baik agar diperoleh informasi mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI khususnya dalam pembelajaran tematik yang lebih akurat sehingga mampu menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri.

Share this

0 Comment to "CONTOH BAB V SIMPULAN DAN SARAN SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar