BAB
V
SIMPULAN
DAN SARAN
A. Simpulan
Berdasarkan hasil
penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1. Kualitas
peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber
Energi di kelas IV Sekolah Dasar .................... berada pada kategori
kurang efektif. Hal ini didasarkan pada perhitungan rata-rata normal gain yang
mencapai 0,41. Nilai rata-rata pre test kelas
IV Sekolah Dasar .................... mencapai 42,81 dan berada pada kategori
sedang, sedangkan nilai rata-rata post
test mencapai 66,15 dan berada pada kategori tinggi.
2. Kualitas
peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber
Energi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang berada pada kategori cukup
efektif. Hal ini didasarkan pada perhitungan rata-rata normal gain yang
mencapai 0,65. Nilai rata-rata pre test kelas
IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang mencapai 44,04 dan berada pada kategori
sedang, sedangkan nilai rata-rata post
test mencapai 79,70 dan berada pada kategori sangat tinggi.
3. Berdasarkan
pada hasil pengujian perbedaan nilai
rata-rata post test dan rata-rata
normal gain antara kelas IV Sekolah Dasar .................... dengan kelas IV
Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang, maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
signifikan pada pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi antara kelas IV
Sekolah Dasar .................... dengan kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Pasirmalang. Nilai rata-rata post test dan
rata-rata normal gain kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas IV Sekolah Dasar .....................
4. Terdapat
pengaruh dari pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada
pembelajaran Subtema Macam-Macam Sumber Energi di kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Pasirmalang dan Sekolah Dasar .................... UPTD Pendidikan Kecamatan
Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Terdapatnya pengaruh tersebut ditunjukkan
oleh nilai rata-rata normal gain antara kelas IV Sekolah Dasar ....................
dengan kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang yang perbedaannya cukup jauh.
Hal ini juga diperkuat oleh hasil uji perbedaan rata-rata normal gain antara kelas
IV Sekolah Dasar .................... dengan kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Pasirmalang yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Maka, hasil
belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pasirmalang lebih baik dari pada
hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar .....................
B. Saran
Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan, maka rekomendasi dari peneliti adalah sebagai
berikut :
1. Guru
hendaknya mampu mempersiapkan proses pembelajaran seoptimal mungkin dan mampu
mengelola pembelajaran khususnya pembelajaran tematik sesuai dengan kurikulum
yang berlaku saat ini sehingga tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan dapat
tercapai. Selain itu, pembelajaran hendaknya tidak hanya menekankan pada
pelafalan konsep saja namun juga pada pemahaman konsep sehingga siswa tidak
hanya hafal materi tanpa mengerti maksudnya.
2. Pembelajaran
harus dirancang dengan menarik, kreatif, inovatif dan menyenangkan agar siswa
merasa nyaman dan senang mengikuti proses pembelajaran, jika siswa belajar
dengan nyaman dan tanpa paksaan, maka pembelajaran akan menjadi lebih bermakna bagi siswa sehingga mampu
meningkatkan hasil belajar siswa. Caranya adalah dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang memiliki
rasa ingin tahu yang tinggi, ingin mencoba dan melakukan hal-hal yang baru. Salah
satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan SAVI.
3. Proses
pembelajaran hendaknya mampu mengoptimalkan seluruh indera yang dimiliki siswa
artinya siswa belajar tidak hanya dengan mendengarkan saja apa yang diajarkan
guru dan memahami materi pembelajaran secara teori saja, namun siswa belajar
dengan mengerahkan seluruh fungsi tubuhnya yaitu belajar dengan bergerak,
mendengar dan berbicara, mengamati dan menggambarkan apa yang dipelajari secara
langsung, merenungkan dan memikirkan apa yang sedang dipelajari. Dengan adanya
perpaduan fungsi Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual dalam proses
pembelajaran, maka pembelajaran akan lebih berkualitas.
4. Karena
keterbatasan penelitian, yaitu pemahaman peneliti terhadap pembelajaran tematik
berdasarkan kurikulum 2013 yang peneliti rasa masih baru, maka disarankan untuk
dilakukan penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam mengenai efektifitas
pendekatan pembelajaran SAVI dalam pembelajaran tematik dengan persiapan,
instrumen dan metodologi penelitian yang lebih baik agar diperoleh informasi
mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI khususnya dalam pembelajaran
tematik yang lebih akurat sehingga mampu menjawab permasalahan-permasalahan
yang terjadi dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran
itu sendiri.
0 Comment to "CONTOH BAB V SIMPULAN DAN SARAN SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR"
Posting Komentar