ABSTRAK
Penelitian dengan judul Pengaruh
Pendekatan Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik di
Sekolah Dasar dilakukan atas dasar fenomena yang sering terjadi di lapangan
yaitu kurangnya persiapan guru dalam merancang proses pembelajaran yang
kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran
yang efektif dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu,
proses pembelajaran masih menekankan pada pelafalan konsep bukan pemahaman
konsep, proses pembelajaran kurang memaksimalkan aktivitas siswa sehingga siswa
tidak dapat belajar bagaimana cara memecahkan masalah, berpikir kreatif,
inovatif, kritis dan sistematis. Pendekatan yang dirasakan cocok untuk mengatasi permasalahan-permasalahan
tersebut dan perlu diteliti adalah pendekatan pembelajaran SAVI. Penelitian ini
dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran
SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Bunisari dan SDN ....................... UPTD Pendidikan
Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Teknik sampling yang digunakan
adalah sampel jenuh dimana sampel diambil 100 % dari populasi yaitu berjumlah
65 siswa. Setelah data penelitian diperoleh, diolah dan dianalisis, nilai
rata-rata pre test kelas kontrol
mencapai 42,81 (sedang), sedangkan nilai rata-rata post test kelas kontrol mencapai 66,15 (tinggi). Efektivitas
pembelajaran di kelas kontrol berada pada kategori kurang efektif. Nilai
rata-rata pre test kelas eksperimen
mencapai 44,04 (sedang), sedangkan nilai rata-rata post test kelas eksperimen mencapai 79,70 (sangat tinggi). Efektifitas
pembelajaran di kelas eksperimen berada pada kategori cukup efektif. Terdapat
perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran antara kelas kontrol dengan
kelas eksperimen. Nilai rata-rata post
test dan rata-rata normal gain kelas eksperimen yang lebih tinggi
dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai
Sig. (two tailed) atau signifikansi
uji dua pihak sebesar 0,000. Nilai Sig. tersebut
< α atau Sig. < 0,05, Ini
berarti bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata post test dan normal gain kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan
melihat perbedaan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran tanpa
menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI dengan hasil belajar siswa pada
pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI membuktikan adanya pengaruh
dari pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran
tematik di Sekolah Dasar.
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran SAVI, Pembelajaran Tematik, Hasil
Belajar Siswa
0 Comment to "CONTOH PEMBUAT ABSTRAK SKRIPSI YANG BAIK DAN BENAR BAHASA INDONESIA"
Posting Komentar