CONTOH PEMBUAT ABSTRAK SKRIPSI YANG BAIK DAN BENAR BAHASA INDONESIA

ABSTRAK


Penelitian dengan judul Pengaruh Pendekatan Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dilakukan atas dasar fenomena yang sering terjadi di lapangan yaitu kurangnya persiapan guru dalam merancang proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa. Selain itu, proses pembelajaran masih menekankan pada pelafalan konsep bukan pemahaman konsep, proses pembelajaran kurang memaksimalkan aktivitas siswa sehingga siswa tidak dapat belajar bagaimana cara memecahkan masalah, berpikir kreatif, inovatif, kritis dan sistematis. Pendekatan yang dirasakan cocok  untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut dan perlu diteliti adalah pendekatan pembelajaran SAVI. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bunisari dan SDN ....................... UPTD Pendidikan Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dimana sampel diambil 100 % dari populasi yaitu berjumlah 65 siswa. Setelah data penelitian diperoleh, diolah dan dianalisis, nilai rata-rata pre test kelas kontrol mencapai 42,81 (sedang), sedangkan nilai rata-rata post test kelas kontrol mencapai 66,15 (tinggi). Efektivitas pembelajaran di kelas kontrol berada pada kategori kurang efektif. Nilai rata-rata pre test kelas eksperimen mencapai 44,04 (sedang), sedangkan nilai rata-rata post test kelas eksperimen mencapai 79,70 (sangat tinggi). Efektifitas pembelajaran di kelas eksperimen berada pada kategori cukup efektif. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata post test dan rata-rata normal gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai Sig. (two tailed) atau signifikansi uji dua pihak sebesar 0,000. Nilai Sig. tersebut < α atau Sig. < 0,05, Ini berarti bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata post test dan normal gain kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan melihat perbedaan antara hasil belajar siswa pada pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran yang menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI membuktikan adanya pengaruh dari pendekatan pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar.  

Kata Kunci        : Pendekatan Pembelajaran SAVI,  Pembelajaran Tematik, Hasil
   Belajar Siswa

Share this

0 Comment to "CONTOH PEMBUAT ABSTRAK SKRIPSI YANG BAIK DAN BENAR BAHASA INDONESIA"

Posting Komentar