PENDAHULUAN
Matematika telah menjadi bagian yang
tidak terpisahkan dari eksistensi seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Selain
itu, matematika memegang peranan penting dalam kemajuan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (IPTEK). Hal ini sejalan dengan pendapat Badan Standar Nasional
Pendidikan Matematika menurut Depdiknas (dalam Patonah, 2008: 3) adalah sebagai
berikut
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan
dibangun melalui proses bernalar deduktif, yaitu kebenaran suatu konsef yang
diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima,
sehingga keterkaitan antar konsef dalam matematika bersifat sangat kuat dan
jelas
Matematika merupakan salah satu mata
pelajaran di sekolah dasar yang memiliki tujuan tertentu sesuai dengan yang
tercantum dalam kurikulum KTSP, bahwa “tujuan pembelajaran matematika adalah
melatitl cara berpikir secara logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif,
serta mampu bekerja sama. Berdasarkan tujuan tersebut, guru harus selalu
berusaha untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika
karena pada umumnya pelajaran matematika sering di anggap sebagai pelajaran
yang membosankan, menegangkan, dan menakutkan sehingga guru ataupun siswa
merasa menanggung beban yang sangat berat untuk mempelajarinya. Sehingga
berdampak pada hasil belajar siswa yang sudah mencapai KKM yaitu hanya sebesar
17% saja dari keseluruhan siswa yang telah mencapai KKM yang ditentukan.
Atas dasar masalah tersebut,
penulis bermaksud untuk mengadakan penelitian mengenai pemahaman siswa pada
pembelajran matematika dengan menggunakan media LKS.
LKS yang dikemukakan oleh Batjo
(1993:8) yaitu :
“Lembar
Kerja Siswa (LKS) ialah lembar kerja yang berisi informasi dan
perintah/instruksi dari guru kepada siswa untuk mengerjakan suatu kegiatan
belajar dalam bentuk kerja, praktek, atau dalam bentuk penerapan hasil belajar
untuk mencapai suatu tujuan.
Pemiliahn media LKS dalam
pembelajran matematika karena dalam pelaksanaanya lebih variatif serta
pelaskanaannya lebih melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan pemaparan tersebut maka penulis merasa tertarik untuk melakukan
penelitian pada pembelajaran matematika tentang materi konsep-konsep luas
daerah trapesium. Dengan judul : Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep
Luas Trapesium Melalui Media LKS (Penelitian Tindakan Kelas pada
Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN ....... Kecamatan Cihideung Kota
Tasikmalaya)
Berdasarkan latar belakang masalah
di atas, secara umum permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
penggunaan media LKS pada konsep pembelajaran luas daerah trapesium untuk
meningkatkan pemahaman siswa di kelas V SD Negeri ....... Kecamatan Cihideung
Kota Tasikmalaya?"
Upaya memudahkan dalam pelaksanaan
penelitian, masalah diperinci sebagai berikut : a) Bagaimana perencanaan
pembelajaran dalam penggunaan media LKS untuk meningkatkan pemahaman
siswa terhadap konsep luas daerah trapesium di kelas V SD Negeri .......
Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya?, b) Bagaimana proses pelaksanaan
pengunaan media LKS dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas
daerah trapesium di kelas V SD Negeri ....... Kecamatan Cihideung Kota
Tasikmalaya? dan 3) Bagaimanakah kemampuan siswa memahami luas daerah trapesium
melalui pengunaan media LKS di kelas V SD Negeri ....... Kecamatan
Cihideung Kota Tasikmalaya?
Secara umum
penelitian bertujuan memperoleh data secara akurat tentang pelaksanaan
pengunaan media LKS dalam pembelajaran luas daerah trapesium untuk meningkatkan
pemahaman siswa dengan tujuan secara umum adalah meningkatkan hasil
pembelajaran mengenai pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika pada siswa
Kelas V Sekolah Dasar Negeri ....... Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya
dengan lebih mengutamakan keterlibatan siswa dalam proses kegiatan
pembelajaran. dan yang menjadi tujuan Khususnya : a) Meningkatkan kemampuan
guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran penggunaan media LKS untuk
kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran penggunaan media LKS, b)
Meningkatkan kemampuan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran penggunaan media
LKS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas Kelas V Sekolah Dasar
Negeri ......., dan 3) Meningkatkan hasil pembelajaran siswa mengenai materi
pemahaman pada konsep luas daerah trapesium setelah penggunaan media LKS pada
siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cieunteung.
0 Comment to "CONTOH PENDAHULUAN SKRIPSI MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP LUAS TRAPESIUM MELALUI MEDIA LKS "
Posting Komentar