CONTOH PENDAHULUAN SKRIPSI MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP LUAS TRAPESIUM MELALUI MEDIA LKS


PENDAHULUAN


Matematika telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari eksistensi seluruh ilmu pengetahuan yang ada. Selain itu, matematika memegang peranan penting dalam kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Hal ini sejalan dengan pendapat Badan Standar Nasional Pendidikan Matematika menurut Depdiknas (dalam Patonah, 2008: 3) adalah sebagai berikut
  Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses bernalar deduktif, yaitu kebenaran suatu konsef yang diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsef dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang memiliki tujuan tertentu sesuai dengan yang tercantum dalam kurikulum KTSP, bahwa “tujuan pembelajaran matematika adalah melatitl cara berpikir secara logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mampu bekerja sama. Berdasarkan tujuan tersebut, guru harus selalu berusaha untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika karena pada umumnya pelajaran matematika sering di anggap sebagai pelajaran yang membosankan, menegangkan, dan menakutkan sehingga guru ataupun siswa merasa menanggung beban yang sangat berat untuk mempelajarinya. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang sudah mencapai KKM yaitu hanya sebesar 17% saja dari keseluruhan siswa yang telah mencapai KKM yang ditentukan.
Atas dasar masalah tersebut,  penulis bermaksud untuk mengadakan penelitian mengenai pemahaman siswa pada pembelajran matematika dengan menggunakan media LKS. 
LKS yang dikemukakan oleh Batjo (1993:8) yaitu :
“Lembar Kerja Siswa (LKS) ialah lembar kerja yang berisi informasi dan perintah/instruksi dari guru kepada siswa untuk mengerjakan suatu kegiatan belajar dalam bentuk kerja, praktek, atau dalam bentuk penerapan hasil belajar untuk mencapai suatu tujuan.

Pemiliahn media LKS dalam pembelajran matematika karena dalam pelaksanaanya lebih variatif serta pelaskanaannya lebih melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pemaparan tersebut maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian pada pembelajaran matematika tentang materi konsep-konsep luas daerah trapesium. Dengan judul : Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Luas Trapesium Melalui Media LKS  (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN ....... Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya)
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, secara umum permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan media LKS  pada konsep pembelajaran luas daerah trapesium untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas V SD Negeri ....... Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya?"
Upaya memudahkan dalam pelaksanaan penelitian, masalah diperinci sebagai berikut : a) Bagaimana perencanaan pembelajaran dalam penggunaan media LKS  untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep luas daerah trapesium di kelas V SD Negeri ....... Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya?, b) Bagaimana proses pelaksanaan pengunaan media LKS dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep luas daerah trapesium di kelas V SD Negeri ....... Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya? dan 3) Bagaimanakah kemampuan siswa memahami luas daerah trapesium melalui pengunaan media LKS  di kelas V SD Negeri ....... Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya?
Secara umum penelitian bertujuan memperoleh data secara akurat tentang pelaksanaan pengunaan media LKS dalam pembelajaran luas daerah trapesium untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan tujuan secara umum adalah meningkatkan hasil pembelajaran mengenai pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri ....... Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya dengan lebih mengutamakan keterlibatan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran. dan yang menjadi tujuan Khususnya : a) Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran penggunaan media LKS untuk kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran penggunaan media LKS, b) Meningkatkan kemampuan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran penggunaan media LKS untuk meningkatkan pemahaman  siswa  kelas Kelas V Sekolah Dasar Negeri ......., dan 3) Meningkatkan hasil pembelajaran siswa mengenai materi pemahaman pada konsep luas daerah trapesium setelah penggunaan media LKS pada siswa  Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cieunteung.

Share this

0 Comment to "CONTOH PENDAHULUAN SKRIPSI MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP LUAS TRAPESIUM MELALUI MEDIA LKS "

Posting Komentar