CONTOH IDENTIFIKASI MASALAH PENELITIAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Identifikasi Masalah Penelitian


Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka masalah yang menjadi perhatian peneliti dan harus dilaksanakan upaya pemecahannya diantaranya :
1.      Kurangnya persiapan guru dalam merancang proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan media yang sesuai dengan karakteristik siswa.
2.      Proses pembelajaran masih menekankan pada pelafalan konsep bukan pemahaman konsep, proses pembelajaran kurang memaksimalkan aktivitas siswa sehingga siswa tidak dapat belajar bagaimana cara memecahkan masalah, berpikir kreatif, inovatif, kritis dan sistematis.
3.      Proses pembelajaran lebih menekankan pada pencapaian tuntutan kurikulum dan ketersampaian materi semata bukan pada optimalisasi hasil belajar siswa, materi yang disampaikan bersifat teoritis dan kurang memberikan contoh-contoh yang kontekstual.
4.      Proses pencapaian tujuan pembelajaran agar siswa menguasai materi-materi yang membutuhkan pemahaman mendalam melalui percobaan dan praktik secara langsung kurang begitu diperhatikan, metode yang digunakan dalam penyampaian materi monoton dan kurang mengoptimalkan pemanfaatan seluruh indera yang dimiliki siswa.

Share this

0 Comment to "CONTOH IDENTIFIKASI MASALAH PENELITIAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar