CONTOH ABSTRAK SKRIPSI TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR



ABSTRAK

TEKNIK PENILAIAN DIRI
DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya penggunaan teknik penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Hal ini disebabkan karena penilaian diri merupakan alat penilaian non tes yang dinilai kurang objektif jika digunakan dalam pembelajaran. Akan tetapi, seiring dengan bergantinya orientasi penilaian dari penilaian berorientasi pada hasil belajar siswa menjadi penilaian berorientasi proses menjadikan penilaian diri sebagai alat penilaian non tes yang dapat digunakan oleh guru dalam mendukung alat penilaian lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kedudukan penilaian diri sebagai alat penilaian non tes dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD .................. dan teknik penilaian diri yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas IIIA SD ...................
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis metode deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru bidang studi bahasa Inggris kelas IIIA SD ................... Peneliti sebagai instrumen kunci dalam penelitian kualitatif mengembangkan tiga instrumen dalam mengumpulkan data, yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik pengolahan data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penilaian diri merupakan teknik penilaian yang melibatkan siswa untuk menilai kompetensi yang telah dicapai terhadap suatu pembelajaran dan sangat urgen untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Dalam melaksanakan penilaian diri guru harus merumuskan format penilaian beserta aspek kompetensi yang akan dinilai.
Berdasarkan kesimpulan tersebut, rekomendasi penelitian ini adalah (1) guru hendaknya menggunakan penilaian diri dalam proses pembelajaran bahasa Inggris (2) masih perlunya penelitian lanjutan guna menambah referensi keilmuan.

Kata Kunci      : Penilaian diri, Pembelajaran bahasa Inggris, Format penilaian diri

Share this

0 Comment to "CONTOH ABSTRAK SKRIPSI TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar