Metode Penelitian
1. Model
PTK
Metode penelitian adalah cara untuk memecahkan suatu permasalahan secara
ilmiah, sistematis, logis dan faktual. Metode tersebut ditetapkan berdasarkan
tujuan penelitian. Menurut Sumantri (1988 : 38) “suatu penelitian pada
hakikatnya memiliki metode masing-masing”. Sesuai dengan tujuannya yakni untuk
memperbaiki proses dan hasil pembelajaran, maka metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Model penelitian tindakan yang dijadikan landasan dalam penelitian ini
adalah model PTK dari Kemmis & Mc Taggart. Dalam desain model ini, satu
fokus tindakan (action) merupakan
satu siklus tindakan yang terdiri dari satu step atau langkah tindakan
pembelajaran. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa PTK dilakukan untuk
meningkatkan satu aspek Kerja Ilmiah (kemampuan siswa untuk melakukan
observasi) pada satu Standar Kompetensi dan satu Kompetensi Dasar. Satu Materi
Pokok terdiri dari beberapa indikator yang diselesaikan dalam beberapa kali
tindakan. Sedangkan bentuk PTK yang dilaksanakan, PTK Kolaboratif yang
melibatkan beberapa pihak dengan jalinan bersipat kemitraan sebagaimana
dijelaskan oleh Kasihani Kasbolah (1998 : 123) yang menyatakan bahwa :
“Penelitian tindakan Kolaboratif melibatkan beberapa
pihak yaitu Guru, Kepala Sekolah, Peneliti, maupun Dosen secara serempak
melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan Praktek Pembelajaran,
menyumbang pada perkembangan teori, dan meningkatkan karier guru”.
0 Comment to "CONTOH METODE PENELITIAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI"
Posting Komentar