CONTOH METODE PENELITIAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI


Metode Penelitian

 

1.      Model PTK
Metode penelitian adalah cara untuk memecahkan suatu permasalahan secara ilmiah, sistematis, logis dan faktual. Metode tersebut ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian. Menurut Sumantri (1988 : 38) “suatu penelitian pada hakikatnya memiliki metode masing-masing”. Sesuai dengan tujuannya yakni untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Model penelitian tindakan yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah model PTK dari Kemmis & Mc Taggart. Dalam desain model ini, satu fokus tindakan (action) merupakan satu siklus tindakan yang terdiri dari satu step atau langkah tindakan pembelajaran. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa PTK dilakukan untuk meningkatkan satu aspek Kerja Ilmiah (kemampuan siswa untuk melakukan observasi) pada satu Standar Kompetensi dan satu Kompetensi Dasar. Satu Materi Pokok terdiri dari beberapa indikator yang diselesaikan dalam beberapa kali tindakan. Sedangkan bentuk PTK yang dilaksanakan, PTK Kolaboratif yang melibatkan beberapa pihak dengan jalinan bersipat kemitraan sebagaimana dijelaskan oleh Kasihani Kasbolah (1998 : 123) yang menyatakan bahwa : “Penelitian tindakan Kolaboratif melibatkan beberapa pihak yaitu Guru, Kepala Sekolah, Peneliti, maupun Dosen secara serempak melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan Praktek Pembelajaran, menyumbang pada perkembangan teori, dan meningkatkan karier guru”.

Share this

0 Comment to "CONTOH METODE PENELITIAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI"

Posting Komentar