Pelaksanaan Tindakan Penelitian
1)
Perencanaan Pembelajaran
Tindakan
Pembelajaran Siklus 1 meliputi : membuat RPP, membuat lembar observasi RPP,
lembar observasi kinerja guru, dan lembar observasi belajar siswa, memilih dan
menentukan gambar seri yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan membuat alat
evaluasi serta LKS yang berisi serangkaian gambar yang berkaitan dengan tujuan
pembelajaran.
2)
Pelaksanaan Pembelajaran
Pada tahap ini berisi
kegiatan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat yang meliputi : kegiatan
awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir.
3)
Observasi Pelaksanaan
Mitra sejawat melaksanakan pencermatan dan perekaman terhadap pelaksanaan
tindakan sesuai dengan lembar observasi yang telah disediakan.
4)
Refleksi
Hasil obsrvasi dan hasil kegiatan siswa dikumpulkan dan didiskusikan dengan
mitra sejawat, dan hasilnya dijadikan bahan untuk melaksanakan berikutnya. Pada
siklus 2 kegiatan berulang sebagaimana pada siklus 1, namun dengan perencanaan
tindakan yang telah disiapkan pada siklus 2 sampai pada akhirnya memperoleh
kesimpulan sebagaimana diharapkan pada awal rencana tindakan penelitian dibuat.
1. Teknik
Pengumpulan Data
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini adalah :
a.
Teknik
observasi ; instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan terhadap rencana
pembelajaran, kinerja guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
b.
Teknik
tes ; teknik yang digunakan yaitu tes tertulis, instrumen berupa lembar kerja
siswa yaitu menulis deskripsi berdasarkan gambar. Tes ini dilakukan pada setiap
siklus dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah dilaksanakan
serangkaian tindakan.
2. Teknik
Analisis Data
Analisis data hasil penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif kualitatif, analisis dilakukan pada setiap siklus dengan menggunakan
tahapan sebagai berikut :
1)
Perencanaan
meliputi identifikasi perumusan dan pembatasan masalah yang diarahkan pada
kegiatan pengumpulan data.
2)
Pengumpulan
data hasil penelitian tindakan kelas tentang kemampuan siswa dalam
mendeskripsikan gambar dalam bahasa tulis.
3)
Pengelompokkan
data, yaitu kinerja guru dan kinerja
siswa dilakukan pada setiap fase tindakan.
4)
Interpretasi
dan refleksi data berdasarkan tingkatan pencapaian, misalnya : baik sekali,
baik, cukup dan kurang, dilaksanakan pada setiap fase tindakan.
5)
Tindak
lanjut dan rekomendasi ditentukan berdasarkan hasil kemampuan siswa dalam mendeskripsikan
gambar.
3. Kriteria
Keberhasilan
Dalam proses pelaksanaan
pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis dengan menggunakan media gambar
di kelas II SDN .......... Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, ada beberapa
faktor yang menentukan keberhasilan proses tersebut, diantaranya :
a.
Keaktifan
siswa selama proses pembelajaran.
b.
Pemahaman
siswa terhadap tugas yang diberikan guru dalam proses pembelajaran.
c.
Kemampuan
siswa menyelesaikan tugas secara keseluruhan.
d.
Tanggung
jawab siswa terhadap tugas yang diberikan menurut hasil observasi.
e.
Konsentrasi
siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran secara keseluruhan.
f.
Kemampuan
/ kinerja guru.
g.
Situasi
dan kondisi sekolah.
h.
Ketersediaan
berbagai alat ,sarana serta media.
4. Tim Peneliti dan Tugasnya
Pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas, penulis berkolaborasi dengan
teman sejawat, dalam hal ini kegiatan dilaksanakan oleh penulis dan teman
sejawat melakukan penilaian serta observasi terhadap kegiatan yang dilakukan
penulis. Hasil penilaian dan observasi dijadikan bahan refleksi dan renungan
oleh penulis untuk menentukan kegiatan selanjutnya.
Berikut data teman sejawat yang ditugaskan penulis untuk menjadi observer
dan penilai :
Nama : Lisnawati, S.Pd.
NIP : 19690329 200501
2 005
Pemilihan teman tersebut di atas dengan alasan yang bersangkutan adalah
salah satu guru senior yang mendukung penelitian, dan berpengalaman dalam
belajar mengajar.
0 Comment to "CONTOH PELAKSANAAN TINDAKAN PENELITIAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI"
Posting Komentar