CONTOH PELAKSANAAN TINDAKAN PENELITIAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI



Pelaksanaan Tindakan Penelitian

 

1)      Perencanaan Pembelajaran      
     Tindakan Pembelajaran Siklus 1 meliputi : membuat RPP, membuat lembar observasi RPP, lembar observasi kinerja guru, dan lembar observasi belajar siswa, memilih dan menentukan gambar seri yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan membuat alat evaluasi serta LKS yang berisi serangkaian gambar yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran.
2)      Pelaksanaan Pembelajaran
Pada tahap ini berisi kegiatan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat yang meliputi : kegiatan awal, kegiatan inti  dan kegiatan akhir.
3)      Observasi Pelaksanaan
      Mitra sejawat melaksanakan pencermatan dan perekaman terhadap pelaksanaan tindakan sesuai dengan lembar observasi yang telah disediakan.
4)      Refleksi
      Hasil obsrvasi dan hasil kegiatan siswa dikumpulkan dan didiskusikan dengan mitra sejawat, dan hasilnya dijadikan bahan untuk melaksanakan berikutnya. Pada siklus 2 kegiatan berulang sebagaimana pada siklus 1, namun dengan perencanaan tindakan yang telah disiapkan pada siklus 2 sampai pada akhirnya memperoleh kesimpulan sebagaimana diharapkan pada awal rencana tindakan penelitian dibuat.
1.      Teknik Pengumpulan Data
       Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah :
a.     Teknik observasi ; instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan terhadap rencana pembelajaran, kinerja guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
b.     Teknik tes ; teknik yang digunakan yaitu tes tertulis, instrumen berupa lembar kerja siswa yaitu menulis deskripsi berdasarkan gambar. Tes ini dilakukan pada setiap siklus dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah dilaksanakan serangkaian tindakan.
2.      Teknik Analisis Data
            Analisis data hasil penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, analisis dilakukan pada setiap siklus dengan menggunakan tahapan sebagai berikut :
1)      Perencanaan meliputi identifikasi perumusan dan pembatasan masalah yang diarahkan pada kegiatan pengumpulan data.
2)      Pengumpulan data hasil penelitian tindakan kelas tentang kemampuan siswa dalam mendeskripsikan gambar dalam bahasa tulis.
3)      Pengelompokkan data,  yaitu kinerja guru dan kinerja siswa dilakukan pada setiap fase tindakan.
4)      Interpretasi dan refleksi data berdasarkan tingkatan pencapaian, misalnya : baik sekali, baik, cukup dan kurang, dilaksanakan pada setiap fase tindakan.
5)      Tindak lanjut dan rekomendasi ditentukan berdasarkan hasil kemampuan siswa dalam mendeskripsikan gambar.
3.      Kriteria Keberhasilan
            Dalam proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang menulis dengan menggunakan media gambar di kelas II SDN .......... Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan proses tersebut, diantaranya :
a.       Keaktifan siswa selama proses pembelajaran.
b.      Pemahaman siswa terhadap tugas yang diberikan guru dalam proses pembelajaran.
c.       Kemampuan siswa menyelesaikan tugas secara keseluruhan.
d.      Tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan menurut hasil observasi.
e.       Konsentrasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran secara keseluruhan.
f.       Kemampuan / kinerja guru.
g.      Situasi dan kondisi sekolah.
h.      Ketersediaan berbagai alat ,sarana serta media.
4.       Tim Peneliti dan Tugasnya
Pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas, penulis berkolaborasi dengan teman sejawat, dalam hal ini kegiatan dilaksanakan oleh penulis dan teman sejawat melakukan penilaian serta observasi terhadap kegiatan yang dilakukan penulis. Hasil penilaian dan observasi dijadikan bahan refleksi dan renungan oleh penulis untuk menentukan kegiatan selanjutnya.
Berikut data teman sejawat yang ditugaskan penulis untuk menjadi observer dan penilai :
Nama               : Lisnawati, S.Pd.
NIP                 : 19690329 200501 2 005
Pemilihan teman tersebut di atas dengan alasan yang bersangkutan adalah salah satu guru senior yang mendukung penelitian, dan berpengalaman dalam belajar mengajar.

Share this

0 Comment to "CONTOH PELAKSANAAN TINDAKAN PENELITIAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI"

Posting Komentar