Perumusan Masalah
1. Identifikasi
Masalah
Sebagaimana diungkapkan pada latar belakang permasalahan yang penulis
kemukakan, maka permasalahan yang muncul dan penulis kemukakan diantaranya
adalah sebagai berikut :
a.
Siswa
kurang mampu menggunakan dan memilih kata dalam
menuangkan buah pikirannya,
sering mengulang kata “lalu” dan “terus”.
b.
Isi kalimat relatif tidak menggambarkan topik.
c.
Kalimat yang
satu dengan kalimat yang
lain tidak sinambung, paragraf yang
satu dengan paragraf yang lain tidak koheren.
d.
Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya tentang
menulis tidak mencerminkan pembelajaran yang PAKEM.
2. Rumusan
Masalah
Berdasarkan paparan latar belakang di atas dan identifikasi masalah, secara
umum permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam
meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri
?
Untuk membatasi permasalahan umum tersebut, dalam penelitian ini dirumuskan
masalah yang lebih khusus sebagai berikut :
a.
Bagaimana
perencanaan pembelajaran yang efektif melalui penerapan media gambar seri untuk
meningkatkan keterampilan menulis karangan dekripsi ?
b.
Bagaimana
proses pelaksanaan pembelajaran yang efektif melalui penerapan media gambar
seri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dekripsi?
c.
Bagaimana
peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan
mengguanakan media gambar seri pada pembelajaran bahasa Indinesia?
A. Tujuan
Penelitian dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan
Penelitian
-
Tujuan umum
Berdasarkan rumusan
masalah penelitian tersebut, maka tujuan penelitian ini secara umum adalah
untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang keterampilan menulis karangan
deskripsi melalui media gambar seri pada pembelajaran bahasa Indonesia.
-
Tujuan Khusus
Selain tujuan umum
tersebut, tujuan khusus dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
a.
Untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran yang efektif melalui
penerapan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan
dekripsi.
b.
Untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang efektif
melalui penerapan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis
karangan dekripsi.
c.
Untuk
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan
mengguanakan media gambar seri pada pembelajaran bahasa Indinesia.
2. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari
hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut :
a. Bagi
Siswa
Penelitan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi
siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar bahasa
Indonesia, khususnya dalam aspek menulis karangan deskripsi. Dengan demikian,
siswa dapat menyukai kegiatan menulis dan dapat mengembangkan kreativitas siswa
dalam menuangkan berbagai ide, gagasan, serta pengalamannya dalam sebuah
tulisan yang dapat dinikmati oleh orang lain.
b. Bagi
Guru
Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi guru,
yakni dapat memberikan pengalaman dan wawasan bagi guru bahwa dalam
membelajarkan bahasa Indonesia pada aspek menulis karangan deskripsi, khususnya
bagi siswa kelas rendah yang membutuhkan suatu pendekatan dalam pembelajaran
sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan rasa senang pada siswa pada saat
pembelajaran. Dengan demikian siswa dapat termotivasi dalam belajar dan akan
berakibat pada pencapaian prestasi belajar yang maksimal dan sesuai dengan
harapan.
0 Comment to "CONTOH PERUMUSAN MASALAH MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI"
Posting Komentar