DEFINISI OPERASIONAL TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR


D.      Definisi Operasional
Definisi operasional digolongkan ke dalam definisi personal berdasarkan kebutuhan individu dalam pelaksanaan penelitian mengacu pada kerangka teori Dalam menetapkan definisi operasional pada suatu penelitian, diharuskan untuk menentukan serta merumuskan variabel-variabel penelitian yang akan melahirkan indikator-indikator dari setiap variabel dimana indikator-indikator tersebut akan dijabarkan dalam instrumen penelitian. Sugiyono (2010. Hlm 60), menyatakan bahwa “variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya.”
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan sebuah variabel mandiri, yaitu teknik penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Penjabaran definisi operasional bertujuan untuk menyamakan persepsi mengenai istilah-istilah yang terdapat dalam variabel tersebut. Adapun definisi operasionalnya dapat dijabarkan sebagai berikut :
1.        Teknik
Cara dalam melaksanakan atau mengerjakan suatu kegiatan.
2.        Penilaian diri
Teknik penilaian dengan melibatkan peserta didik untuk menilai diri berkaitan dengan proses pembelajaran dan tingkat pencapaian kompetensi yang telah dipelajari.
3.        Pembelajaran bahasa Inggris
Proses belajar mengajar bahasa yang mencakup empat aspek keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak atau mendengarkan (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca (reading skills) dan keterampilan menulis (writing skills).

Share this

0 Comment to "DEFINISI OPERASIONAL TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar