INSTRUMEN PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR


E.      Instrumen Penelitian
Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti pada prinsipnya melakukan suatu proses pengukuran, dimana dalam proses tersebut tentunya diperlukan suatu cara atau alat ukur. Alat ukur dalam penelitian dinamakan dengan instrumen penelitian. Sugiyono (2010. Hlm 148) menyatakan bahwa “instrumen penelitian adalah suatu alat yang digunakan mengukur fenomena alam maupun sosial yang diamati.”
Pada penelitian kualitatif, peneliti merupakan instumen kunci (researcher as key insrument), dengan kata lain instrumen penelitian pada penelitian kualitatif adalah peneliti itu sendiri (Creswell, 2010. Hlm 261). Dalam hal ini, peneliti memegang peranan penting dalam menentukan fokus penelitian serta teknik pengumpulan data dalam rangka mengumpulkan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan serta membuat kesimpulan berdasarkan temuan yang ada. Sukmadinata ( 2010. Hlm 13) menyatakan bahwa
Dalam penelitian kualitatif peneliti lebur (immersed) dengan situasi yang diteliti. Peneliti adalah pengumpul data, orang yang ahli dan memiliki kesiapan penuh untuk memahami situasi, ia peneliti sekaligus sebagai instrumen.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, maka dalam penelitian ini, peneliti merupakan instrumen penelitian itu sendiri. Guna membantu pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Berikut ini penulis mencantumkan kisi-kisi dari pedoman observasi, pedoman wawancara serta pedoman dokumentasi.

Share this

0 Comment to "INSTRUMEN PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar