DESAIN PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

B.      Desain Penelitian
Menentukan masalah penelitian merupakan tahap awal penelitian yang akan dijadikan pedoman untuk melasanakan studi pendahuluan. Adapun dalam studi pendahuluan peneliti melaksanakan observasi serta wawancara di tiga sekolah dasar negeri dan satu sekolah dasar swasta berkenaan dengan teknik penilaian dalam pembelajaran bahasa Inggris. Data awal studi pendahuluan dijadikan pedoman untuk merumuskan masalah penelitian dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dengan melaksanakan penelitian. Pada tahap selanjutnya, peneliti menentukan lokasi dan subjek penelitian.
Guna mencapai tujuan penelitian yang diharapkan, peneliti sebagai instrumen penelitian melakukan tiga teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati teknik guru pada pelaksanaan penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris, wawancara bersama guru bahasa Inggris beserta tujuh siswa kelas IIIA, serta pengumpulan dokumen yang berkaitan dengan teknik penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris. Proses pengumpulan data berakhir ketika peneliti meninggalkan lokasi penelitian setelah mendapatkan data yang diperlukan serta tidak ditemukan lagi data baru.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menyusun fakta-fakta hasil temuan di lapangan guna menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah. Pada tahap akhir, peneliti menarik kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan. Adapun alur penelitian dapat dilihat pada gambar berikut



 

Share this

0 Comment to "DESAIN PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar