LOKASI DAN SUBJEK PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR


BAB III
METODE PENELITIAN

A.      Lokasi dan Subjek Penelitian
1.        Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IIIA SD Al Muttaqin Tasikmalaya. SD Al Muttaqin beralamat di jalan Sutisna Senjaya, Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. SD Al Muttaqin merupakan sekolah dasar swasta berbasis full day school, dimana siswa belajar dari pukul 07.30 sampai dengan 15.00 berbeda dengan sekolah dasar pada umumnya.
Adapun pemilihan SD Al Muttaqin dalam penelitian ini, didasarkan pada hal-hal sebagai berikut :
a.         Penelitian terhadap teknik penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas IIIA SD Al Muttaqin belum pernah dilaksanakan sebelumnya.
b.        Guru bidang studi bahasa Inggris di kelas IIIA SD Al Muttaqin terbiasa melaksanakan penilaian diri dalam pembelajaran.
c.         Guru bidang studi bahasa Inggris selaku narasumber bersedia untuk dimintai informasi berkaitan dengan teknik penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris.
d.        Pihak sekolah memberikan izin untuk melaksanakan penelitian berkenaan dengan teknik penilaian diri dalam pembelajaran bahasa Inggris.
e.         Ketersediaan dan kelengkapan media yang memadai dalam menunjang serta mendukung optimalisasi pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris.
Berdasarkan pertimbangan tersebut, peneliti menetapkan SD Al Muttaqin sebagai lokasi penelitian yang tepat untuk membantu tercapainya tujuan penelitian yang dirancang peneliti.
2.        Subjek Penelitian
Berkenaan dengan subjek penelitian, tidak digunakan istilah populasi dalam penelitian berbasis qualitative research. Hal ini dikemukakan oleh Spradley (Sugiyono, 2010. Hlm 297) bahwasanya istilah populasi dalam penelitian kualitatif dinamakan “social situation”.
Lebih lanjut dikemukakan bahwa social situation ini terdiri atas tiga elemen yaitu : tempat (place), pelaku (actors) dan activitas (activity). Ketiga elemen tersebut merupakan bagian-bagian yang berinteraksi secara sinergis menjadi suatu kesatuan yang utuh. Pada penelitian ini, tempat, pelaku dan aktivitas adalah teknik penilaian diri yang dilaksanakan di kelas IIIA SD Al Muttaqin Kota Tasikmalaya.
Dalam penelitian ini, istilah populasi tidak digunakan oleh peneliti dikarenakan penelitian kualitatif bermula dari suatu kasus tertentu pada situasi sosial tertentu pula. Hasil dari penelitian ini, tidak diberlakukan pada populasi melainkan diterapkan di tempat lain berkenaan kasus yang dipelajari pada situasi sosial yang memiliki kesamaan (Sugiyono 2010).
Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru bidang studi bahasa Inggris kelas IIIA SD Al Muttaqin. Dalam menetapkan subjek penelitian tersebut, peneliti menggunakan teknik purvosive sampling. Sugiyono (2010. Hlm 300) menjelaskan bahwa
Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan  pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu ini, misalnya orang tersebut yang dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan, atau mungkin dia sebagai penguasa sehingga memudahkan peneliti menjelajahi objek/situasi sosial yang diteliti.

Sejalan dengan pernyataan Sugiyono, berikut paparan peneliti berkaitan dengan kriteria dalam menetapkan subjek penelitian.
a.         Subjek adalah guru bidang studi bahasa Inggris yang mengajar di kelas IIIA.
b.        Subjek melaksanakan penilaian diri di kelas tersebut.
c.         Subjek mempunyai waktu yang memadai untuk dimintai informasi

Share this

0 Comment to "LOKASI DAN SUBJEK PENELITIAN TEKNIK PENILAIAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR"

Posting Komentar