Kerangka Berpikir dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA


C.      Kerangka Berpikir
Uma Sekaran (Sugiyono,  2011:  60)  mengemukakan  bahwa “kerangka berpikir  merupakan  model  konseptual  tentang  bagaimana  teori  berhubungan dengan berbagai faktor yang  telah diidentifikasi.”
Untuk  mencapai keberhasilan atau ketercapaian tujuan pendidikan karakter bangsa diperlukan rencana tindakan (action plan) implementasi pendidikan karakter bangsa di sekolah. Rencana tindakan itu meliputi: integrasi komponen karakter bangsa ke dalam pembelajaran dan pembudayaan komponen karakter bangsa ke dalam budaya sekolah. Rencana tindakan tindakan pertama mewujud dalam silabus dan RPP serta proses pembelajaran.
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu aspek penting keberhasilan pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Perangkat pembelajaran merupakan rambu-rambu bagi seorang pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas. Yang tak kalah penting fungsi dari perangkat pembelajaran adalah sebagai bahan evaluasi bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana ketercapaian standar kompetensi yang telah disampaikan. Keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran sangatlah diharapkan, untuk memenuhi tujuan tersebut diperlukan suatu persiapan yang matang.
Salah satu bentuk persiapan tersebut adalah dengan membuat perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter khususnya pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit yang disesuaikan dengan karakter siswa kelas IV SDN .... Dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis yang dapat digunakan untuk siswa kelas IV di SDN ... serta diharapkan dapat mencapai keberhasilan tujuan pendidikan  karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran IPA. Mulai dari menyusun silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, hingga alat penilaian dengan memperhatikan pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.
Ketercapaian tujuan pembelajaran yang didalamnya terintegrasi pendidikan karakter tidak dapat terlepas dari kemampuan seorang guru untuk menyampaikan pembelajaran.  Agar dapat terlaksananya pembelajaran IPA yang efektif diperlukan sebuah perangkat pembelajaran IPA yang valid dan praktis untuk diterapkan di kelas. Perangkat pembelajaran IPA  berbasis karakter ini dalam pengembangannya tentu harus memenuhi syarat-syarat teoritis, yaitu harus memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk dapat diterapkan di kelas.

Share this

0 Comment to "Kerangka Berpikir dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"

Posting Komentar