C. Kerangka Berpikir
Uma Sekaran (Sugiyono,
2011: 60) mengemukakan
bahwa “kerangka berpikir merupakan model
konseptual tentang bagaimana
teori berhubungan dengan berbagai
faktor yang telah diidentifikasi.”
Untuk
mencapai keberhasilan atau ketercapaian
tujuan pendidikan karakter bangsa diperlukan rencana tindakan (action plan)
implementasi pendidikan karakter bangsa di sekolah. Rencana tindakan itu
meliputi: integrasi komponen karakter bangsa ke dalam pembelajaran dan pembudayaan
komponen karakter bangsa ke dalam budaya sekolah. Rencana tindakan tindakan
pertama mewujud dalam silabus dan RPP serta proses pembelajaran.
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu aspek
penting keberhasilan pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
Perangkat pembelajaran merupakan rambu-rambu bagi seorang pendidik dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas. Yang tak kalah penting fungsi dari
perangkat pembelajaran adalah sebagai bahan evaluasi bagi pendidik untuk
mengetahui sejauh mana ketercapaian standar kompetensi yang telah disampaikan.
Keberhasilan seorang guru dalam pembelajaran sangatlah diharapkan, untuk
memenuhi tujuan tersebut diperlukan suatu persiapan yang matang.
Salah satu bentuk persiapan tersebut adalah dengan membuat
perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter khususnya pada materi perubahan
kenampakan bumi dan benda langit yang disesuaikan dengan karakter siswa kelas
IV SDN .... Dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid,
efektif, dan praktis yang dapat digunakan untuk siswa kelas IV di SDN ... serta
diharapkan dapat mencapai keberhasilan tujuan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran
IPA. Mulai dari menyusun silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Siswa, hingga alat penilaian dengan memperhatikan
pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran.
Ketercapaian tujuan pembelajaran yang didalamnya terintegrasi
pendidikan karakter tidak dapat terlepas dari kemampuan seorang guru untuk
menyampaikan pembelajaran. Agar dapat
terlaksananya pembelajaran IPA yang efektif diperlukan sebuah perangkat
pembelajaran IPA yang valid dan praktis untuk diterapkan di kelas. Perangkat
pembelajaran IPA berbasis karakter ini
dalam pengembangannya tentu harus memenuhi syarat-syarat teoritis, yaitu harus
memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk dapat
diterapkan di kelas.
0 Comment to "Kerangka Berpikir dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"
Posting Komentar