Penelitian yang Relevan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA


B.      Penelitian yang Relevan
Penelitian ini mengenai pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter pada materi Perubahan kenampakan bumi dan benda langit untuk siswa kelas IV di SDN .... Berdasarkan eksplorasi peneliti, ditemukan beberapa tulisan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Yang pertama adalah penelitian dari Faridatul Ika Maylinda pada tahun 2012 yang berjudul “Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Karakter untuk Siswa Kelas V SDN I Wonokoyo Kota Malang”. Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran yaitu RPP IPA yang semula hanya berorientasi pada pengembangan kognisi siswa menjadi sebuah desain pembelajaran yang berbasis karakter.
Kedua, penelitian dari Darmiyati Zuchdi, et. al. pada tahun 2010 yang berjudul ”Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan komperhensip yang terintegrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan IPS. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah dasar di DIY Yogyakarta.
Penelitian ketiga dari Fitri Siti Sundari pada tahun  2012 yang berjudul Analisis Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Laboratorium Percontohan UPI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter tercermin dalam perencanaan pembelajaran IPA, pelaksanaan pembelajaran IPA, evaluasi, buku ajar, dan LKS yang digunakan di Kelas IV Sekolah Dasar Laboratorium Percontohan UPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Penelitian keempat adalah penelitian Hasan Subekti pada tahun 2010 yang berjudul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains SMP Berorientasi Pendidikan Berkarakter dengan Model Kooperatif pada Materi Sensitivitas Indera Peraba. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sains SMP berorientasi pendidikan berkarakter dengan model kooperatif pada materi sensitivitas indera peraba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengacu pada model Plomp.
Penelitian kelima, penelitian dari Indriastuti, et. al. pada tahun 2011 yang berjudul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Humanistik dengan Metode Two Stay Two stray  Berbantuan CD Interaktif pada Materi Geometri Dimensi Dua Kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran konstruktivisme berbasis humanistik dengan metode two stay two  berbantuan CD interaktif pada materi geometri dimensi dua yang valid dan mengukur efektivitas pembelajaran konstruktivisme berbasis humanistik dengan metode two stay two  berbantuan CD interaktif pada materi geometri dimensi dua. Jenis peneliltian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan menjadi 3-D. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, RPP, buku pegangan siswa, Lembar Kerja Siswa, CD Interaktif, dan Tes Prestasi Belajar (TPB).
Adapun perbedaan penelitian yang dilaksanakan peneliti dengan keenam penelitian yang relevan tersebut adalah penelitian yang  dilaksanakan menekankan pada pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar (Materi ajar), Lembar Kerja Siswa (LKS), media pembelajaran dan Lembar Evaluasi Siswa berbasis karakter pada materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit untuk kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D.

Share this

0 Comment to "Penelitian yang Relevan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"

Posting Komentar