B. Penelitian yang Relevan
Penelitian ini mengenai pengembangan perangkat
pembelajaran IPA berbasis karakter pada materi Perubahan kenampakan bumi dan
benda langit untuk siswa kelas IV di SDN .... Berdasarkan eksplorasi peneliti,
ditemukan beberapa tulisan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Yang pertama adalah penelitian dari Faridatul Ika
Maylinda pada tahun 2012 yang berjudul “Pengembangan Desain Pembelajaran IPA
Berbasis Karakter untuk Siswa Kelas V SDN I Wonokoyo Kota Malang”.
Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran
yaitu RPP IPA yang semula hanya berorientasi pada pengembangan kognisi siswa
menjadi sebuah desain pembelajaran yang berbasis karakter.
Kedua, penelitian dari Darmiyati Zuchdi, et. al. pada
tahun 2010 yang berjudul ”Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi
dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar”. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan model pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan
komperhensip yang terintegrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan
IPS. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah dasar di DIY Yogyakarta.
Penelitian ketiga dari Fitri Siti Sundari pada tahun 2012 yang berjudul Analisis Pendidikan
Karakter dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Laboratorium Percontohan
UPI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter
tercermin dalam perencanaan pembelajaran IPA, pelaksanaan pembelajaran IPA,
evaluasi, buku ajar, dan LKS yang digunakan di Kelas IV Sekolah Dasar
Laboratorium Percontohan UPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif deskriptif.
Penelitian keempat adalah penelitian Hasan Subekti pada
tahun 2010 yang berjudul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains SMP
Berorientasi Pendidikan Berkarakter dengan Model Kooperatif pada Materi
Sensitivitas Indera Peraba. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran sains SMP berorientasi pendidikan berkarakter dengan
model kooperatif pada materi sensitivitas indera peraba. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengacu pada model Plomp.
Penelitian kelima, penelitian dari Indriastuti, et. al.
pada tahun 2011 yang berjudul Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Konstruktivisme Berbasis Humanistik dengan Metode Two Stay Two stray Berbantuan
CD Interaktif pada Materi Geometri Dimensi Dua Kelas X. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran konstruktivisme berbasis
humanistik dengan metode two stay
two berbantuan CD interaktif pada
materi geometri dimensi dua yang valid dan mengukur efektivitas pembelajaran
konstruktivisme berbasis humanistik dengan metode two stay two berbantuan CD
interaktif pada materi geometri dimensi dua. Jenis peneliltian yang digunakan
adalah penelitian pengembangan dengan mengunakan modifikasi model 4-D dari
Thiagarajan menjadi 3-D. Jenis perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah
silabus, RPP, buku pegangan siswa, Lembar Kerja Siswa, CD Interaktif, dan Tes
Prestasi Belajar (TPB).
Adapun perbedaan penelitian yang dilaksanakan peneliti
dengan keenam penelitian yang relevan tersebut adalah penelitian yang dilaksanakan menekankan pada pengembangan
perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, Rencana Pelakasanaan
Pembelajaran (RPP), bahan ajar (Materi
ajar), Lembar Kerja Siswa (LKS), media pembelajaran dan Lembar Evaluasi
Siswa berbasis karakter pada materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
untuk kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan
menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D.
0 Comment to "Penelitian yang Relevan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"
Posting Komentar