Simpulan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

A.      Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit di SDN ... Kabupaten Ciamis, maka dapat diambil beberapa simpulan. Yang pertama, pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN ... belum terlaksana. Salah satunya ditandai dengan perangkat pembelajaran yang digunakan belum mencerminkan pembelajaran IPA berbasis karakter.
Kedua, untuk mengatasi belum terlaksananya pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN ..., dirancanglah perangkat pembelajaran berdasarkan model pengembangan perangkat 4D karya Thiagarajan yang di modifikasi menjadi 3D, yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan). Dalam tahap perancangan ini dihasilkan rancangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter Draft 1 yang dapat digunakan.
Perangkat pembelajaran ini terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media. Perangkat pembelajaran ini disusun dengan mengacu pada standar proses dan peraturan menteri pendidikan nasional. Setelah dirancang, perangkat pembelajaran draft 1 ini dilakukan penilaian validasi ahli. Hasil dari penilaian ahli terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter mempunyai total kevalidan dari para validator sebesar 4.46. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid. Sehingga dapat dilakukan uji coba perangkat pembelajaran.
Simpulan ketiga, proses implementasi perangkat pembelajaran dalam uji coba berdasar dari pengamatan keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang dilakukan pada uji coba terbatas adalah 94% terlaksana dengan nilai rata-rata sebesar 3,27, yang berarti RPP terlaksana dengan kategori baik. Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah positif, yaitu sebanyak 87,8% siswa menilai positif dan 12,2% menilai negatif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Selain itu, hasil belajar siswa kelas IV SDN ... pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit mengalami peningkatan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini berpengaruh tehadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain hasil belajar, karakter siswa kelas IV SDN ... juga mengalami peningkatan. Adapun karakter siswa yang dinilai dan mengalami peningkatan dalam penelitian ini adalah karakter Religius, ingin tahu, percaya diri, sikap terbuka untuk menerima dan menghargai keberagaman pendapat, disiplin, tanggung jawab, kerja sama dan peduli lingkungan Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini juga berpengaruh tehadap karakter siswa.
Maka, berdasarkan hasil uji coba produk di lapangan, dihasilkanlah produk akhir perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media. Untuk lebih jelasnya, produk akhir ini dapat dilihat dalam lampiran C.

Share this

0 Comment to "Simpulan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"

Posting Komentar