BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Berdasarkan
hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter pada
materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit di SDN ... Kabupaten Ciamis, maka
dapat diambil beberapa simpulan. Yang pertama, pembelajaran IPA berbasis
karakter di SDN ... belum terlaksana. Salah satunya ditandai dengan perangkat
pembelajaran yang digunakan belum mencerminkan pembelajaran IPA berbasis
karakter.
Kedua, untuk
mengatasi belum terlaksananya pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN ...,
dirancanglah perangkat pembelajaran berdasarkan model pengembangan perangkat 4D
karya Thiagarajan yang di modifikasi menjadi 3D, yaitu Define (pendefinisian),
Design (Perancangan), Develop (pengembangan). Dalam tahap
perancangan ini dihasilkan rancangan perangkat pembelajaran IPA berbasis
karakter Draft 1 yang dapat digunakan.
Perangkat
pembelajaran ini terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan
media. Perangkat pembelajaran ini disusun dengan mengacu pada standar proses
dan peraturan menteri pendidikan nasional. Setelah dirancang, perangkat
pembelajaran draft 1 ini dilakukan
penilaian validasi ahli. Hasil dari penilaian ahli terhadap perangkat
pembelajaran IPA berbasis karakter mempunyai total kevalidan dari para
validator sebesar 4.46. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang
dikembangkan berada dalam kategori sangat valid. Sehingga dapat dilakukan uji
coba perangkat pembelajaran.
Simpulan ketiga,
proses implementasi perangkat pembelajaran dalam uji coba berdasar dari
pengamatan keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang dilakukan pada uji coba
terbatas adalah 94% terlaksana dengan nilai rata-rata sebesar 3,27, yang
berarti RPP terlaksana dengan kategori baik. Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran
yang dikembangkan adalah positif, yaitu sebanyak 87,8% siswa menilai positif
dan 12,2% menilai negatif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Selain itu,
hasil belajar siswa kelas IV SDN ... pada materi perubahan kenampakan bumi dan
benda langit mengalami peningkatan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran
IPA berbasis karakter. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA
berbasis karakter ini berpengaruh tehadap peningkatan hasil belajar siswa.
Selain hasil belajar, karakter siswa kelas IV SDN ... juga mengalami
peningkatan. Adapun karakter siswa yang dinilai dan mengalami peningkatan dalam
penelitian ini adalah karakter Religius, ingin tahu, percaya diri, sikap
terbuka untuk menerima dan menghargai keberagaman pendapat, disiplin, tanggung
jawab, kerja sama dan peduli lingkungan Hal ini menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran IPA berbasis karakter ini juga berpengaruh tehadap karakter siswa.
Maka, berdasarkan hasil uji coba produk di lapangan,
dihasilkanlah produk akhir perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter yang
terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media. Untuk
lebih jelasnya, produk akhir ini dapat dilihat dalam lampiran C.
0 Comment to "Simpulan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"
Posting Komentar