SIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan tentang pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada
subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar, maka dapat disimpulkan bahwa
produk yang dihasilkan yaitu silabus pembelajaran tematik dan RPP tematik model
pembelajaran inkuiri terbimbing yang diujicobakan di tiga SD yaitu SDN
Tanjungpura 2, SDN ............ dan SDN Manggungsari telah memenuhi aspek
kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Aspek kevalidan ditunjukkan
dengan nilai rata-rata keseluruhan validasi silabus sebesar 4,57 dan nilai
rata-rata keseluruhan validasi RPP sebesar4,47 yang termasuk kategori sangat baik.
Aspek kepraktisan dilihat dari dari
keterlaksanaan pembelajaran yang mengalami peningkatan dan secara keseluruhan
termasuk kategori baik. Sedangkan
aspek keefektifan dilihat dari hasil
belajar siswa meningkat dengan nilai yang diperoleh siswa berada diatas KKM
yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan 100 %. Hal ini menunjukkan
bahwa RPP berdasarkan model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap
peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu, secara keseluruhan siswa disetiap
sekolah memberikan respon setuju terhadap kegiatan pembelajaran dan respon guru
terhadap kegiatan pembelajaran berdasarkan RPP model pembelajaran inkuiri
terbimbing sebesar 90,6 % yang termasuk kategori sangat efektif untuk
diterapkan.
DAFTAR PUSTAKA
Asep,dkk.(2007).Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung :UPI PRESS
Azmiyawati,
Choiril dkk. (2008). IPA 5 Salingtemas.
Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Budiamin,
dkk. (2006).Perkembangan Peserta Didik.
Bandung : UPI PRESS
Dadang
& Nana.(2006).Perencanaan Pembelajaran.Bandung
: UPI PRESS
Hamid, H. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung:
Pustaka Setia.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.(2013). Selalu
Berhemat energi. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:
Kemendikbud.
Masita,
Roimi Amelia.(2013). Pengembangan Bahan
Ajar Fisika Bermuatan Etika Lalu
Lintas Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Hukum Newton untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Universitas
Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta: Tidak diterbitkan
Mulyana
,Edi Hendri,dkk.(2004).Metodologi
Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Tasikmalaya: UPI Kampus Tasikmalaya
Mulyani,Sri.(2013).
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA
Berbasis Karakter pada Materi Perubahan
Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Skripsi Sarjana UPI Kampus Tasikmalaya:
Tidak Diterbitkan
Mulyoto.(2013).Strategi Pembelajaran di Era Kurikulumb2013.Jakarta
: Prestasi Pustakaraya
Putra,Sitiatava
Rizema.(2012).Desain Belajar dan Mengajar
Kreatif Berbasis Sains.Jogjakarta : Diva Press
Sugiyar,dkk.(2009).
Pembelajaran Tematik. Surabaya: LAPIS
PGMI
Sugiyono.(2009).
Penelitian Pendidikan Pensekatan
Kuantitatif,Kualitatif, dan R &D. Bandung: CV.ALFABETA
Tim Penyusun.
(2013). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah
UPI. Bandung: UPI.
Trianto.(2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep,
Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta
: Bumi Aksara
Sumber Online:
Bustang,
Buhari. Four-D Model (Model Pengembangan Perangkat
Pembelajaran dari Thiagarajan, dkk). [Online] Tersedia http://bustangbuhari.wordpress.com
[10 April 2014 ]
Handayani,Vitria.(2012).
Pembelajaran Tematik
.[Online].Tersedia: http://vitriahandayani.blogspot.com/2012/07/pembelajaran-tematik.html
[ 2 Januari 2014]
Jafar, Ibnu.(2013).Pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan Pendekatan Saintific.[Online].Tersedia:http://ibnufajar75.wordpress.com/2013/10/15/pembelajaran-kurikulum-2013-menggunakan-pendekatan-saintific/ [ 5 Desember 2013 ]
0 Comment to "ARTIKEL TENTANG PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BAGIAN III"
Posting Komentar