ARTIKEL TENTANG PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BAGIAN III


SIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada subtema gaya dan gerak di kelas IV Sekolah Dasar, maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dihasilkan yaitu silabus pembelajaran tematik dan RPP tematik model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diujicobakan di tiga SD yaitu SDN Tanjungpura 2, SDN ............ dan SDN Manggungsari telah memenuhi aspek kevalidan, aspek kepraktisan dan aspek keefektifan. Aspek kevalidan ditunjukkan dengan nilai rata-rata keseluruhan validasi silabus sebesar 4,57 dan nilai rata-rata keseluruhan validasi RPP sebesar4,47 yang termasuk kategori sangat baik. Aspek kepraktisan dilihat dari dari keterlaksanaan pembelajaran yang mengalami peningkatan dan secara keseluruhan termasuk kategori baik. Sedangkan aspek keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa meningkat dengan nilai yang diperoleh siswa berada diatas KKM yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan 100 %. Hal ini menunjukkan bahwa RPP berdasarkan model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu, secara keseluruhan siswa disetiap sekolah memberikan respon setuju terhadap kegiatan pembelajaran dan respon guru terhadap kegiatan pembelajaran berdasarkan RPP model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 90,6 % yang termasuk kategori sangat efektif untuk diterapkan.

DAFTAR PUSTAKA
Asep,dkk.(2007).Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung :UPI PRESS
Azmiyawati, Choiril dkk. (2008). IPA 5 Salingtemas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Budiamin, dkk. (2006).Perkembangan Peserta Didik. Bandung : UPI PRESS
Dadang & Nana.(2006).Perencanaan Pembelajaran.Bandung : UPI PRESS
Hamid, H. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung:
Pustaka Setia.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.(2013). Selalu Berhemat energi. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Masita, Roimi Amelia.(2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan      Etika Lalu Lintas Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Hukum Newton untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta: Tidak diterbitkan
Mulyana ,Edi Hendri,dkk.(2004).Metodologi Pembelajaran Sains Sekolah Dasar.        Tasikmalaya: UPI Kampus Tasikmalaya
Mulyani,Sri.(2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis   Karakter pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit. Skripsi Sarjana UPI Kampus Tasikmalaya: Tidak Diterbitkan
Mulyoto.(2013).Strategi Pembelajaran di Era Kurikulumb2013.Jakarta : Prestasi Pustakaraya
Putra,Sitiatava Rizema.(2012).Desain Belajar dan Mengajar Kreatif Berbasis Sains.Jogjakarta : Diva Press
Sugiyar,dkk.(2009). Pembelajaran Tematik. Surabaya: LAPIS PGMI
Sugiyono.(2009). Penelitian Pendidikan Pensekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R &D. Bandung: CV.ALFABETA
Tim Penyusun. (2013). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah UPI. Bandung: UPI.
Trianto.(2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta : Bumi Aksara

Sumber Online:
Bustang, Buhari. Four-D Model (Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran dari Thiagarajan, dkk). [Online] Tersedia http://bustangbuhari.wordpress.com
     [10 April 2014 ]
Handayani,Vitria.(2012). Pembelajaran Tematik .[Online].Tersedia:    http://vitriahandayani.blogspot.com/2012/07/pembelajaran-tematik.html
     [ 2 Januari 2014]
Jafar, Ibnu.(2013).Pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan Pendekatan    Saintific.[Online].Tersedia:http://ibnufajar75.wordpress.com/2013/10/15/pembelajaran-kurikulum-2013-menggunakan-pendekatan-saintific/  [ 5 Desember 2013 ]

Share this

0 Comment to "ARTIKEL TENTANG PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BAGIAN III"

Posting Komentar