CONTOH PENDAHULUAN SKRIPSI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING TENTANG KEGIATAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS


PENDAHULUAN

Latar Belakang  
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi (KTSP:575) menyangkut pembelajaran  IPS adalah “Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan, 2) Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam kehidupan sosial, 3) Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan, 4) Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional, dan global, hal ini tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Menurut pendapat  Wena, (2009:52-53) “Pemecahan Masalah (Problem Solving) dipandang sebagai suatu proses untuk menemukan kombinasi dari sejumlah aturan yang dapat diterapkan dalam upaya mengatasi situasi yang baru Kemampuan pemecahan masalah sangat penting artinya bagi siswa dan masa depannya. Suharsono (dalam) mengatakan bahwa para ahli pembelajaran sependapat bahwa kemampuan pemecahan masalah dalam batas-batas tertentu, dapat dibentuk melalui bidang studi dan disiplin ilmu yang diajarkan.
Berdasarkan pemaparan mengenai pembelajaran IPS di kelas IV yang menyangkut kegiatan ekonomi di masyarakat belum mencapai hasil yang diharapakan. Oleh karena itu peneliti beranggapan dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian pada pembelajaran IPS mengenai materi kegiatan ekonomi dengan menggunakan metode problem solving . dengan judul : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving tentang  Kegiatan Ekonomi pada Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV  SDN .......  Jalan Tarumanagara No 16 Kel Empangsari  Kec. Tawang  Kota Tasikmalaya).
Permasalahan dalam penelitian ini yaittu Apakah dengan menggunakan metode problem solving  pada pembelajaran IPS tentang Kegiatan Ekonomi kelas IV SDN ....... dapat meningkatkan hasil belajar siswa?tujuan dari penelitian ini adalah Tujuan Umum  Berdasarkan pada rumusan masalah, tujuan umum penelitian ini adalah untuk  mengetahui  peningkatan  hasil  belajar  siswa  pada  materi  kegiatan  ekonomi menggunakan metode problem solving di SDN ........ Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan, maka hipotesis tindakan penelitian dapat dirumuskan adalah pada pembelajaran IPS  jika guru dapat merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran secara optimal melalui metode problem solving, maka pemahaman siswa tentang kegiatan ekonomi pada pembelajaran IPS SDN ....... Jalan Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya mengalami peningkatan.

Share this

0 Comment to "CONTOH PENDAHULUAN SKRIPSI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING TENTANG KEGIATAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS"

Posting Komentar