PENDAHULUAN
Latar Belakang
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar
isi (KTSP:575) menyangkut pembelajaran IPS adalah “Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan
masyarakat dan lingkungan, 2) Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan
kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam
kehidupan sosial, 3) Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai
sosial dan kemanusiaan, 4) Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan
berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional, dan global,
hal ini tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”
Menurut pendapat Wena,
(2009:52-53) “Pemecahan Masalah (Problem Solving) dipandang sebagai
suatu proses untuk menemukan kombinasi dari sejumlah aturan yang dapat
diterapkan dalam upaya mengatasi situasi yang baru Kemampuan pemecahan masalah
sangat penting artinya bagi siswa dan masa depannya. Suharsono (dalam) mengatakan bahwa para ahli pembelajaran sependapat
bahwa kemampuan pemecahan masalah dalam batas-batas tertentu, dapat dibentuk
melalui bidang studi dan disiplin ilmu yang diajarkan.
Berdasarkan pemaparan mengenai
pembelajaran IPS di kelas IV yang menyangkut kegiatan ekonomi di masyarakat
belum mencapai hasil yang diharapakan. Oleh karena itu peneliti beranggapan
dengan menggunakan metode problem solving
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka peneliti merasa tertarik untuk
melakukan penelitian pada pembelajaran IPS mengenai materi kegiatan ekonomi
dengan menggunakan metode problem solving
. dengan judul : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Solving tentang Kegiatan Ekonomi pada Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN .......
Jalan Tarumanagara No 16 Kel Empangsari
Kec. Tawang Kota Tasikmalaya).
Permasalahan dalam penelitian ini yaittu Apakah dengan
menggunakan metode problem solving pada
pembelajaran IPS tentang Kegiatan Ekonomi kelas IV SDN ....... dapat
meningkatkan hasil belajar siswa?tujuan dari penelitian ini
adalah Tujuan Umum Berdasarkan pada rumusan masalah, tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar
siswa
pada
materi kegiatan ekonomi menggunakan metode problem solving di
SDN ........ Berdasarkan rumusan masalah
yang telah dipaparkan, maka hipotesis tindakan penelitian dapat dirumuskan adalah pada pembelajaran
IPS jika guru dapat merencanakan,
melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran secara optimal melalui metode problem solving, maka pemahaman siswa tentang kegiatan ekonomi pada
pembelajaran IPS SDN ....... Jalan Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota
Tasikmalaya mengalami peningkatan.
0 Comment to "CONTOH PENDAHULUAN SKRIPSI MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING TENTANG KEGIATAN EKONOMI PADA PEMBELAJARAN IPS"
Posting Komentar