CONTOH SKRIPSI PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR TENTANG MODEL QUANTUM TEACHING

Model Quantum Teaching

a.         Pengertian Model Quantum Teaching
Model pembelajaran merupakan rancangan yang digunakan dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan pendapat Joyce dkk. (dalam Mulyana, 2012, hlm. 110) yang mengemukakan bahwa ‘model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat dipakai untuk merancang mekanisme suatu pengajaran yang mencakup sumber belajar, subyek belajar, lingkungan belajar dan kurikulum’. Adapun Prastowo (2013, hlm. 68) mengungkapkan bahwa “model pembelajaran adalah acuan pembelajaran yang secara sistematis dilaksanakan berdasarkan pola-pola pembelajaran tertentu”. Dengan demikian, model pembelajaran dapat dikatakan sebagai rencana pembelajaran yang digunakan untuk merancang proses belajar untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Nurramdani (2012) mengemukakan bahwa suatu model pembelajaran terdiri dari sintaks atau tahapan kegiatan pembelajaran, prinsip-prinsip reaksi dan sistem sosial serta sistem pendukung yang tentunya ditujukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Selain itu, ciri-ciri suatu model pembelajaran yaitu mempunyai prosedur tertentu yang disusun secara sistematis, di dalamnya terdapat cara-cara untuk memfasilitasi siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang dirancang secara khusus. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak hanya dibutuhkan kompetensi guru mengenai materi pembelajaran, tetapi juga optimalisasi guru dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang relevan dan tepat dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran sehingga menjadi terarah dan sistematis. Model pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Menurut DePorter dkk. (2010, hlm. 32) kata Quantum mengandung pengertian sebagai “interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya”. Dengan demikian, Quantum Teaching merupakan suatu cara yang digunakan dalam pembelajaran untuk membantu siswa mengubah potensi dan bakat alamiahnya menjadi sebuah prestasi. Selain itu Quantum Teaching mengandung makna sebagai pemercepatan belajar yang didalamnya memperhatikan segala aspek yang dapat mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Adapun aspek pendukung tersebut diantaranya adalah menata lingkungan belajar yang dapat memfasilitasi siswa untuk mudah memahami suatu konsep atau materi.
Model Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dalam suasana yang menyenangkan. DePorter dkk. (2010, hlm. 34) mengemukakan bahwa “Quantum Teaching adalah penggubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar”. Penerapan model Quantum Teaching  menciptakan interaksi-interaksi yang dapat mempengaruhi keberhasilan siswa. Model pembelajaran ini menggubah segala bentuk interaksi di dalam kelas maupun di sekitar momen belajar dan menghendaki siswa untuk mengalami secara langsung konsep yang dipelajari. Dengan demikian, daya ingat siswa akan lebih besar dibandingkan hanya sekedar melihat ataupun mendengar seperti yang telah dikemukakan oleh Dale (dalam Sani, 2013, hlm. 61) bahwa ‘Peserta didik mungkin mengingat 90% dari apa yang dilakukan’. Pengalaman berperan penting dalam mencapai hasil belajar (Hamalik, 2008). Model Quantum Teaching cukup efektif digunakan untuk semua jenjang sekolah terlebih untuk Sekolah Dasar.

Berkenaan dengan model Quantum Teaching, Huda (2013, hlm. 193) menyatakan bahwa “penerapan model Quantum Teaching diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga pada akhirnya siswa dapat meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh”. Mengacu pada pendapat yang telah dikemukakan di atas, maka diasumsikan bahwa model Quantum Teaching merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar terlebih dalam meningkatkan hasil belajar siswa baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap.

Share this

0 Comment to "CONTOH SKRIPSI PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR TENTANG MODEL QUANTUM TEACHING"

Posting Komentar