BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Jenis Perilaku Menyontek Siswa Saat
Ulangan
Ketika
siswa dihadapkan pada ulangan di satu hari, tidak terlihat ekspresi tegang di
wajah siswa. Begitupun ketika guru mulai meletakan soal ulangan di meja
masing-masing siswa. Keadaan kelas pun tenang, tidak ramai seperti ketika
kegiatan pembelajaran. Siswa mulai meraih kertas ulangan yang telah dibagikan
guru sesaat setelah instruksi “Silahkan mulai kerjakan ulangannya!”
terucap dari guru.
Dengan
serius siswa menjawab setiap soal yang diberikan. Mulai terlihat ada siswa yang
melirik kertas jawaban teman di sebelahnya pada menit ke 10. Bertambah ada
siswa yang bertanya dan mencari jawaban dari teman di belakangnya. Ada pula
siswa yang menutup rapat-rapat kertas jawabannya agar tidak terlihat oleh
temannya. Ada pula yang menyamakan jawabannya dengan jawaban milik temannya.
Dari
hasil observasi berdasarkan beberapa indikator didapatlah beberapa siswa yang
menyontek saat ulangan pada saat itu, antara lain:
Tabel
4.1
Data
Primer Perilaku Menyontek Saat Ulangan
No
|
Indikator
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1
|
Memberitahu jawaban pada teman yang lain
|
2
|
Siswa 2, siswa 19
|
2
|
Meminta
jawaban pada teman yang lain
|
5
|
Siswa 1, siswa 5,
siswa 27, siswa 29, siswa 32
|
3
|
Melihat
jawaban teman secara diam-diam
|
1
|
Siswa 7
|
4
|
Membuka buku
catatan
|
-
|
-
|
5
|
Pola jawaban yang sama pada ulangan siswa
|
8
|
Siswa 1 & siswa 2
Siswa 4 & siswa
12
Siswa 19 & siswa
27
|
Tabel
4.2
Data
sekunder Perilaku Menyontek Saat Ulangan
No
|
Perilaku
Menyontek
|
Intensitas
|
||
Selalu
|
Kadang-kadang
|
Tidak
pernah
|
||
1
|
Meminta jawaban
kepada teman
|
-
|
43%
|
57%
|
2
|
Melihat jawaban milik
teman ketika guru lengah
|
-
|
23%
|
77%
|
3
|
Berusaha melihat buku
paket atau catatan
|
5%
|
12%
|
83%
|
Data tersebut
kemudian dikelompokkan ke dalam delapan poin, sebagai berikut:
1. Siswa
yang meminta jawaban kepada teman saat ulangan
2. Siswa
yang melihat jawaban milik teman ketika guru lengah saat ulangan
3. Siswa
yang berusaha melihat buku paket atau catatan saat ulangan
4. Siswa
yang meminta jawaban kepada teman dan melihat jawaban milik teman ketika guru
lengah
5. Siswa
yang melihat jawaban milik teman ketika guru lengah dan berusaha melihat buku
paket atau catatan
6. Siswa
yang meminta jawaban kepada teman dan berusaha melihat buku paket atau catatan
7. Siswa
yang meminta jawaban kepada teman, melihat jawaban milik teman ketika guru
lengah, dan berusaha melihat buku paket atau catatan
8. Siswa
yang tidak menyontek.
0 Comment to "CONTOH SKRIPSI HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA YANG MENYONTEK SAAT ULANGAN"
Posting Komentar