BAB
V
SIMPULAN
DAN SARAN
A. Simpulan
Beberapa siswa
telah melakukan aktivitas yang sesuai dengan gaya belajarnya, namun adapula
yang belum sesuai dengan gaya belajarnya. Siswa akan bisa lebih mudah dalam
menyerap pelajaran dengan cara belajar yang sesuai dengan gaya belajarnya
masing-masing, sehingga memudahkannya dalam mengerjakan ulangan tanpa
menyontek.
Siswa yang
menyontek memiliki gaya belajar yang hampir seragam, yaitu visual. Maka hal ini
lebih memudahkan guru untuk memberikan pendekatan dalam mengajar kepada
siswa-siswa ini. Membuat catatan yang menarik berisi gambar dan warna-warna
untuk setiap kalimat yang penting menjadi salah satu cara yang bisa diterapkan
kepada siswa ini, dengan memperhatikan pula karakteristik yang lainnya pada
setiap individu ini.
Namun walaupun
ada siswa teridentifikasi telah belajar sesuai dengan gaya belajarnya tetapi
dia masih menyontek ada faktor dari gurunya yang belum mengajar dengan
variatif.
Siswa yang
terlihat lambat dalam belajar, siswa yang sering membuat masalah di kelas,
siswa yang tidak pernah memperhatikan guru ketika mengajar, adalah siswa yang
lebih sering terlihat menyontek.
Guru pun
memegang peranan yang sangat penting bagaimana agar semua siswa bisa menyerap
pelajaran dengan mudah sesuai gayanya sendiri, dan memberikan perhatian lebih
pada siswa dengan mencari tahu apabila terdeteksi ada permasalahan pada diri
siswa.
Menjadi guru itu
bukanlah pekerjaan yang mudah, guru dituntut untuk kreatif dalam mengajar,
tidak mengajar dengan satu metode saja hingga siswa merasa bosan. Bahkan siswa
yang cara belajarnya sudah sesuai dengan gaya belajarnya pun akan merasa
frustasi di kelas karena cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan dirinya.
Akibatnya siswa mencari perhatian dengan perilaku-perilaku yang ditunjukkannya.
Selain itu, jika
kepribadian seorang pelajar berbeda dengan cara mereka belajar, maka dijamin
pelajaran akan menjadi siksaan besar. Sebab, apa yang mereka pelajari tidak
bisa masuk dengan tepat ke memorinya.
B. Saran
Berdasarkan
kesimpulan yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti
memberikan rekomendasi sebagai berikut:
1.
Guru hendaknya mengidentifikasi gaya
belajar siswa di awal tahun ajaran, agar bisa disesuaikan dengan gaya mengajar
yang hendak diberikan.
2.
Guru senantiasa merefleksi diri terhadap
perilaku tidak baik yang muncul pada siswa dan mencari tahu penyebabnya
sehingga tidak sembarangan memberikan penilaian terhadap perilaku siswa.
3.
Penelitian yang selanjutnya bisa lebih
difokuskan untuk meneliti kesesuaian guru mengajar dengan karakteristik siswa
di kelas.
0 Comment to "CONTOH SKRIPSI SIMPULAN DAN SARAN ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA YANG MENYONTEK SAAT ULANGAN"
Posting Komentar