CONTOH SKRIPSI SIMPULAN DAN SARAN ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA YANG MENYONTEK SAAT ULANGAN


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
Beberapa siswa telah melakukan aktivitas yang sesuai dengan gaya belajarnya, namun adapula yang belum sesuai dengan gaya belajarnya. Siswa akan bisa lebih mudah dalam menyerap pelajaran dengan cara belajar yang sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing, sehingga memudahkannya dalam mengerjakan ulangan tanpa menyontek.
Siswa yang menyontek memiliki gaya belajar yang hampir seragam, yaitu visual. Maka hal ini lebih memudahkan guru untuk memberikan pendekatan dalam mengajar kepada siswa-siswa ini. Membuat catatan yang menarik berisi gambar dan warna-warna untuk setiap kalimat yang penting menjadi salah satu cara yang bisa diterapkan kepada siswa ini, dengan memperhatikan pula karakteristik yang lainnya pada setiap individu ini.
Namun walaupun ada siswa teridentifikasi telah belajar sesuai dengan gaya belajarnya tetapi dia masih menyontek ada faktor dari gurunya yang belum mengajar dengan variatif.
Siswa yang terlihat lambat dalam belajar, siswa yang sering membuat masalah di kelas, siswa yang tidak pernah memperhatikan guru ketika mengajar, adalah siswa yang lebih sering terlihat menyontek.
Guru pun memegang peranan yang sangat penting bagaimana agar semua siswa bisa menyerap pelajaran dengan mudah sesuai gayanya sendiri, dan memberikan perhatian lebih pada siswa dengan mencari tahu apabila terdeteksi ada permasalahan pada diri siswa.
Menjadi guru itu bukanlah pekerjaan yang mudah, guru dituntut untuk kreatif dalam mengajar, tidak mengajar dengan satu metode saja hingga siswa merasa bosan. Bahkan siswa yang cara belajarnya sudah sesuai dengan gaya belajarnya pun akan merasa frustasi di kelas karena cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan dirinya. Akibatnya siswa mencari perhatian dengan perilaku-perilaku yang ditunjukkannya.
Selain itu, jika kepribadian seorang pelajar berbeda dengan cara mereka belajar, maka dijamin pelajaran akan menjadi siksaan besar. Sebab, apa yang mereka pelajari tidak bisa masuk dengan tepat ke memorinya.

B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberikan rekomendasi sebagai berikut:
1.      Guru hendaknya mengidentifikasi gaya belajar siswa di awal tahun ajaran, agar bisa disesuaikan dengan gaya mengajar yang hendak diberikan.
2.      Guru senantiasa merefleksi diri terhadap perilaku tidak baik yang muncul pada siswa dan mencari tahu penyebabnya sehingga tidak sembarangan memberikan penilaian terhadap perilaku siswa.
3.      Penelitian yang selanjutnya bisa lebih difokuskan untuk meneliti kesesuaian guru mengajar dengan karakteristik siswa di kelas.

Share this

0 Comment to "CONTOH SKRIPSI SIMPULAN DAN SARAN ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA YANG MENYONTEK SAAT ULANGAN"

Posting Komentar