CONTOH SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG BELALANG (Locusta migratoria) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM KAMPUNG BAB III


BAB III
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
Landasan Teori
Ayam kampung mempunyai peran yang sangat penting didalam meningkatkan gizi masyarakat maupun dalam peningkatan pendapatan. Cara pemeliharaannya yang tidak memerlukan persyaratan berat, karena telah beradaptasi dengan lingkungan dan memiliki daya tahan terhadap penyakit yang lebih besar dibandingkan dengan ayam ras. Sebagai sumber protein hewani ayam kampung mempunyai kelebihan seperti dagingnya lebih disukai masyarakat dan harga daging dan telurnya lebih mahal dibanding dengan ayam ras. Ayam kampung yang biasa diumbar menyukai pakan berasal dari hewan, contohnya seperti cacing dan belalang.
Dalam bidang peternakan, pakan merupakan salah satu faktor lingkungan yang menunjang produktivitas ternak. Sebagai komponen produksi, pakan merupakan biaya terbesar yang dapat  mencapai 70% dari total biaya produksi. Untuk itu perlu diupayakan untuk menurunkan biaya pakan dan meningkatkan nilai nutrisi pakan melalui teknik pengolahan pakan. Bahan pakan sumber protein berasal dari hewan (hewani) dan tumbuhan (nabati). Bahan pakan sumber protein khususnya tepung ikan dan bungkil kedelai pada umumnya mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi. Protein hewani kandungan asam aminonya lebih lengkap sehingga selalu dipakai dalam penyusunan pakan ayam. Disamping itu masih bersaing dengan kebutuhan manusia sehingga ransum dengan protein tinggi harganya mahal. Oleh karena itu perlu adanya bahan pakan alternatif yang dapat dimanfaatkan dalam ransum untuk memenuhi kebutuhan nutrien.
            Belalang termasuk salah satu pakan ayam, yang disukai oleh ternak. Tingkat palatabilitas ayam kampung terhadap belalang mentah (segar) tinggi, terlihat pada saat ayam kampung mematuk-matuk dan waktu memakannya yang relatif singkat. Belalang bisa diolah menjadi tepung. Tepung belalang memiliki kandungan protein sekitar 60%, sehingga ada kemungkinan untuk mengganti tepung ikan. Belalang merupakan hama pertanian yang ketersediaannya hanya melimpah pada saat musim tertentu. Selain itu kelemahan belalang ini terletak pada kandungan khitin yang menyebabkan nilai cerna protein kasar oleh ayam hanya 62%.
Teknik pengolahan pakan dengan membuat tepung belalang dimungkinkan dapat menjadi solusi dari permasalahan diatas, sehingga pakan lebih mudah dicerna dan diharapkan dapat mempertahankan kandungan nutrien.

Hipotesis
Pemberian tepung belalang dapat meningkatkan persentase karkas dan menurunkan lemak abdominal ayam kampung.

Share this

0 Comment to "CONTOH SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN TEPUNG BELALANG (Locusta migratoria) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMINAL AYAM KAMPUNG BAB III"

Posting Komentar