Definisi Istilah dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA


F.      Definisi Istilah
Perangkat pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menggambarkan rencana atau pola pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan dijadikan pedoman untuk mengembangkan perangkat pembelajaran.
Pembelajaran berbasis karakter adalah kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dilakukan untuk menjadikan siswa menguasai kompetensi secara utuh yaitu tidak hanya menguasai pengetahuan tetapi juga mengenal, menyadari/peduli, dan menginternalisasi nilai-nilai dan perilaku menjadikannya sebagai karakter.
Perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter adalah perangkat pembelajaran IPA yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor pada diri siswa.
Materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit adalah materi pembelajaran IPA di kelas IV yang membahas mengenai perubahan kenampakan permukaan bumi dan langit. Materi ini terdiri dari beberapa Standar kompetensi dan Kompetensi dasar. Standar kompetensi dan Kompetensi dasar dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Tabel 3.1
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.

Karakter yang diharapkan dapat muncul melalui pembelajaran pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit adalah Religius, rasa ingin tahu, percaya diri, sikap terbuka untuk menerima dan menghargai keberagaman, disiplin, tanggung jawab, peduli lingkungan, kerja sama dan teliti.

Share this

0 Comment to "Definisi Istilah dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA"

Posting Komentar