CONTOH LATAR BELAKANG PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELILING BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG

Latar Belakang

Pendidikan merupakan pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam hal mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Proses pembelajaran didalam kelas diarahkan kepada kemampuan peserta didik untuk menghafal informasi, otak peserta didik dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingat yaitu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran matematika adalah pelajaran yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pada proses pembelajarannya peserta didik dituntut memahami dan dapat mengaplikasikannya terhadap kehidupan sehari-hari. Tujuan pembelajaran matematika terbentuknya kemampuan bernalar pada diri peserta didik yang bercermin melalui kemampuan berfikir kritis, logis, sitematis dalam memecahkan suatu permasalahan baik dalam bidang matematika, bidang lain, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi pada kenyataannya pembelajaran matematika tidaklah mudah karena fakta menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di sekolah merupakan mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. Hal ini mungkin disebabkan dalam mempelajari matematika peserta didik kurang menguasai konsep dan peserta didik kurang banyak latihan mengerjakan soal-soal matematika dan pemahaman peserta didik terhadap matematika kurang. Pada umumnya peserta didik masih menganggap bahwa pelajaran matematika sebagai mata pelajaran yang menakutkan karena tingkat kesulitan dianggap tinggi. Hal serupa diungkapkan oleh Ruseffendi E.T. (2005:157) yang mengatakan, ”Matematika dianggap sebagai ilmu yang sukar, rumit, dan memperdayakan”.
Pemahaman matematika juga merupakan salah satu kompetensi utama berfikir matematik. Untuk itu peserta didik dituntut memiliki sikap kritis dan cermat, objektif dan terbuka, serta ingin tahu serta senang belajar matematika.
Pada umumnya guru mengajar menggunakan model pembelajaran langsung. Dalam pelaksanaan model pembelajaran ini, guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik cenderung cepat bosan. Hal tersebut menjadi tugas utama dari seorang guru. Pentingnya peran guru dalam pendidikan tidak terlepas dari kemampuan guru dalam menyampaikan materi pada peserta didik. Oleh karena itu, pada proses pembelajaran guru perlu meningkatkan kemampuan mengajar guna menjadi guru profesional.
Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dengan tetap memperhatikan antara lain materi, waktu dan jumlah peserta didik di kelas. Guru dalam mengajar diharapkan dapat menyampaikan materi yang dapat membangkitkan keaktifan peserta didik dan mudah diterima oleh peserta didik.
Berdasarkan uraian di atas, penulis melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Konsep Keliling Bangun Datar Persegi Panjang (Penelitian Pemnggunaan Metode Demonstrasi pada Paembelajaran Matematika Kelas III SDN ... 01)”

Share this

0 Comment to "CONTOH LATAR BELAKANG PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KELILING BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG "

Posting Komentar