Contoh Abstrak Skripsi Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi Bahasa Indonesia

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMIBING
PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan perencanaan pembelajaran berupa silabus pembelajaran tematik dan RPP tematik berdasarkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada tema Selalu Berhemat Energi dengan memadukan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan  Alam, Bahasa Indonesia dan Seni Budaya dan Prakarya. Penelitian ini  menggunakan model 4D menurut Thiagarajan dengan tahapan  Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develop) dan tahap Penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN ... 2, SDN ... 3 dan SDN ... yang berada di gugus Anggrek Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, studi dokumtasi, tes dan nontes dengan instrumen berupa lembar angket model pembelajaran yang biasa digunakan guru kelas IV SD, lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa dan guru serta evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian yang dilakukan sebanyak tiga kali uji coba menunjukkan bahwa perencaan pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Aspek kevalidan ditunjukkan oleh validasi silabus pembelajaran tematik sebesar 4,57 dan RPP tematik model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 4,47 termasuk kategori sangat baik. Aspek kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran di SDN ... 2 sebesar 3,80 , SDN ... 3 sebesar 3,80 dan SDN ... sebesar 3,86 yang menunjukkan adanya peningkatan. Aspek keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa dengan perhitungan normal gain SDN ... 2 sebesar 40,74 %, SDN ... 3 sebesar 43,30 % dan SDN ... sebesar 46,67 % termasuk kategori cukup efektif. Secara keseluruhan siswa disetiap sekolah memberi respon setuju dan respon guru sebesar 90,60 % termasuk kategori sangat efektif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci         : Penelitian dan Pengembangan, Perencanaan Pembelajaran, 
                            Tema Selalu Berhemat Energi

Contoh Lembar Pengesahan Skripsi yang Baik dan Benar 2014


LEMBAR PENGESAHAN

Oleh :
......................................

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI

disetujui dan disahkan oleh pembimbing :

Pembimbing I



Drs. Edi Hendri Mulyana, M.Pd
NIP. 19600825 198603 1 002

Pembimbing II


Drs. Akhmad Nugraha, M.Si
NIP. 19591027 198611 1 001
                                                                          

Diketahui oleh
Ketua Program Studi PGSD
UPI Kampus Tasikmalaya



Drs. Rustono WS, M.Pd.
NIP 195206281981031001

Daftar Isi Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi


DAFTAR ISI

COVER
PERNYATAAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
UCAPAN TERIMAKASIH
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Penelitian
B.       Identifikasi dan Batasan Masalah Penelitian
1.      Identifikasi Masalah
2.      Batasan Masalah Penelitian
C.       Rumusan Masalah Penelitian
D.      Tujuan Penelitian
E.       Manfaat Penelitian
F.        Struktur Organisasi Skripsi
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
1. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
2. Pembelajaran Tematik
3. Subtema Gaya dan Gerak
4. Ringkasan Materi pada Subtema Gaya dan Gerak
5. Perencanaan Pembelajaran
B. Penelitian yang Relevan
C. Asumsi dan Keterbatasan Pengembangan
1. Asumsi Pengembangan
2. Keterbatasan Pengembangan
D. Kerangka Berpikir
E. Model Hipotetik
F. Spesifikasi Produk yang Dihasilkan
BAB III METODE PENELITIAN
A.  Lokasi dan Subjek Penelitian
1.      Lokasi Penelitian
2.      Subjek Penelitian
B.  Metode Penelitian
C.  Pengembangan Model Pembelajaran
D.  Definisi Operasional Variabel Penelitian
E.   Instrumen Penelitian
F.   Prosedur Penelitian
1.      Prosedur Penelitian
2.      Uji Coba Produk
3.      Revisi Produk
G.  Teknik Pengumpulan Data
1.      Tahap Pendefinisian dan Tahap Perancangan
2.      Tahap Pengembangan
3.      Tahap Penyebaran

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian
1.      Deskripsi Hasil Pendefinisian
2.      Deskripsi Hasil Perancangan
3.      Deskripsi Hasil Pengembangan
4.      Deskripsi Hasil Penyebaran
B.  Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan
B.  Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP

Cover Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi


PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI

SKRIPSI

diajukan untuk memenuhi sebagian syarat untuk memperoleh
gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  





 oleh
.............................
NIM ....................





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS TASIKMALAYA
2014

Contoh Skripsi Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi

Kali Ini saya akan berbagi Contoh SKRIPSI yang berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Tema Selalu Berhemat Energi dari awal sampai akhir.
Untuk lebih jelasnya silahkan klik LINK-LINK di bawah ini, semoga contoh SKRIPSI ini dapat dijadikan referensi dan sebagai sumber untuk pembuatan SKRIPSI :

Untuk Pembuatan SKRIPSI yang baik dan benar terdiri dari beberapa elemen diantaranya adalah sebagai berikut  : 

PERNYATAAN
KATA PENGANTAR
UCAPAN TERIMAKASIH
DAFTAR TABEL

1.      Identifikasi Masalah
D.      Tujuan Penelitian
E.       Manfaat Penelitian
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
1. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
2. Pembelajaran Tematik
3. Subtema Gaya dan Gerak
4. Ringkasan Materi pada Subtema Gaya dan Gerak
5. Perencanaan Pembelajaran
B. Penelitian yang Relevan
C. Asumsi dan Keterbatasan Pengembangan
1. Asumsi Pengembangan
2. Keterbatasan Pengembangan
D. Kerangka Berpikir
E. Model Hipotetik
F. Spesifikasi Produk yang Dihasilkan
BAB III METODE PENELITIAN
A.  Lokasi dan Subjek Penelitian
1.      Lokasi Penelitian
2.      Subjek Penelitian
B.  Metode Penelitian
C.  Pengembangan Model Pembelajaran
D.  Definisi Operasional Variabel Penelitian
E.   Instrumen Penelitian
F.   Prosedur Penelitian
1.      Prosedur Penelitian
2.      Uji Coba Produk
3.      Revisi Produk
G.  Teknik Pengumpulan Data
1.      Tahap Pendefinisian dan Tahap Perancangan
2.      Tahap Pengembangan
3.      Tahap Penyebaran

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian
1.      Deskripsi Hasil Pendefinisian
2.      Deskripsi Hasil Perancangan
3.      Deskripsi Hasil Pengembangan
4.      Deskripsi Hasil Penyebaran
B.  Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan
B.  Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP


CATATAN :
Mohon Maaf untuk yang WARNA MERAH belum bisa di AKSES, insya ALLAH besok atau lusa akan segera diperbaiki, jadi jangan lupa Ikuti terus BLOG ini untuk bisa meng AKSES lebih lanjut......!!!

Terima Kasih atas Perhatiannya 
Salam Sukses Selalu


Saran Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA


B.      Saran
Dengan mengidentifikasi hasil penelitian dan pengalaman selama melaksanakan penelitian untuk pengembangan perangkat pembelajaran khususnya perangkat pembelajaran IPA yang berbasis karakter, peneliti memberikan beberapa saran berikut:
1.        Proses penelitian pengembangan merupakan proses yang cukup rumit, sehingga diperlukan waktu penelitian yang cukup. Oleh karena itu, dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan dibutuhkan kesiapan yang matang, khususnya dalam instrumen penelitian yang digunakan agar waktu yang tersedia bisa digunakan dengan lebih efektif.
2.        Untuk lebih meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan karakter, sebaiknya perlu dilakukan monitoring terhadap pelaksanaan pembelajaran termasuk penilaian perangkat pembelajaran yang digunakan agar guru sebagai pelaksana pendidikan karakter di lapangan bisa dengan tepat melaksanakan pembelajaran berbasis karakter.
3.        Perangkat pembelajaran ini hendaknya diuji cobakan juga pada kelas lain atau sekolah-sekolah lain, serta dikembangkan untuk pokok bahasan yang lain, karena berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada uji coba hasil belajar siswa meningkat serta dapat berpengaruh terhadap karakter siswa.

Simpulan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN

A.      Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit di SDN ... Kabupaten Ciamis, maka dapat diambil beberapa simpulan. Yang pertama, pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN ... belum terlaksana. Salah satunya ditandai dengan perangkat pembelajaran yang digunakan belum mencerminkan pembelajaran IPA berbasis karakter.
Kedua, untuk mengatasi belum terlaksananya pembelajaran IPA berbasis karakter di SDN ..., dirancanglah perangkat pembelajaran berdasarkan model pengembangan perangkat 4D karya Thiagarajan yang di modifikasi menjadi 3D, yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan). Dalam tahap perancangan ini dihasilkan rancangan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter Draft 1 yang dapat digunakan.
Perangkat pembelajaran ini terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media. Perangkat pembelajaran ini disusun dengan mengacu pada standar proses dan peraturan menteri pendidikan nasional. Setelah dirancang, perangkat pembelajaran draft 1 ini dilakukan penilaian validasi ahli. Hasil dari penilaian ahli terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter mempunyai total kevalidan dari para validator sebesar 4.46. Hal ini berarti perangkat pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid. Sehingga dapat dilakukan uji coba perangkat pembelajaran.
Simpulan ketiga, proses implementasi perangkat pembelajaran dalam uji coba berdasar dari pengamatan keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang dilakukan pada uji coba terbatas adalah 94% terlaksana dengan nilai rata-rata sebesar 3,27, yang berarti RPP terlaksana dengan kategori baik. Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah positif, yaitu sebanyak 87,8% siswa menilai positif dan 12,2% menilai negatif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.
Selain itu, hasil belajar siswa kelas IV SDN ... pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit mengalami peningkatan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini berpengaruh tehadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain hasil belajar, karakter siswa kelas IV SDN ... juga mengalami peningkatan. Adapun karakter siswa yang dinilai dan mengalami peningkatan dalam penelitian ini adalah karakter Religius, ingin tahu, percaya diri, sikap terbuka untuk menerima dan menghargai keberagaman pendapat, disiplin, tanggung jawab, kerja sama dan peduli lingkungan Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter ini juga berpengaruh tehadap karakter siswa.
Maka, berdasarkan hasil uji coba produk di lapangan, dihasilkanlah produk akhir perangkat pembelajaran IPA berbasis karakter yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, bahan ajar, alat evaluasi dan media. Untuk lebih jelasnya, produk akhir ini dapat dilihat dalam lampiran C.